Tulang Halimah Keropos Akibat Tumor | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Tulang Halimah Keropos Akibat Tumor

Foto Tulang Halimah Keropos Akibat Tumor

BANDA ACEH – Kasus patahnya tulang paha kiri Cut Halimah (57), pasien asal Aceh Utara saat ditangani Co-assistant (dokter muda) Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA) terjawab. Wakil Direktur Bidang Pelayanan Medis RSUZA, dr Azharuddin SpOT-(K) Spine FICS, Senin (9/5) mengatakan, insiden itu terjadi karena tulang pasien sudah keropos akibat digerogoti tumor.

Azharuddin yang didampingi Direktur RSUZA Banda Aceh, dr Fachrul Jamal SpAn KIC dan Ketua Komite Medik RSUDZA, Dr dr Mohd Andalas SpOG dan sejumlah dokter ahli menggelar konferensi pers terkait kondisi wanita asal Gampong Rayeuk Pange, Kecamatan Pirak Timu, Aceh Utara yang telah dirawat selama 25 hari di rumah sakit itu.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan dengan MRI (Magnetic Resonance Imaging), diketahui bahwa tumor sudah menjalar ke tulang rusuk, leher, panggul, dan paha pasien. Hal tersebut mengakibatkan tulang pasien rentan patah saat digerakkan,” kata Azharuddin.

Namun kata dia, tindakan dokter muda yang melakukan pemeriksaan fisik standar dengan menggerakkan kaki pasien yang kaku itu sudah sesuai prosedur. “Awalnya pasien tersebut mengalami masalah di tulang belakang. Baru setelah kejadian diketahui tumor sudah menjalar nyaris ke seluruh tubuhnya, dan membuat tulangnya rapuh,” katanya.

Disebutkan, pemeriksaan itu untuk melihat perkembangan gerakan dan refleks pasien, dan menjadi kewajiban dokter yang menanganinya. Dia menambahkan, tindakan yang bisa dilakukan saat ini kepada Cut Halimah yaitu penanganan paliatif (perawatan).

Menurutnya, tindakan operasi maupun kemoterapi hanya akan menimbulkan efek buruk bagi pasien itu. “Bila dilakukan operasi, pendarahan tidak bisa disetop. Sedangkan kemoterapi akan memperburuk kondisi pasien, dia akan sulit tidur, dan rambutnya pasti rontok,” kata dia, dan mengatakan bahwa penanganan terhadap tulang pasien yang patah bisa ditraksi atau dibidai. (fit) (uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id