Kader HMI Tuntut Saut Dicopot | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Kader HMI Tuntut Saut Dicopot

  • Reporter:
  • Selasa, Mei 10, 2016
Foto Kader HMI Tuntut Saut Dicopot

BANDA ACEH – Belasan kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiahkuala (Unsyiah) menggelar aksi di Bundaran Simpang Lima, Banda Aceh, Senin (9/5). Mereka menuntut Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang, dicopot dari jabatannya dan meminta maaf pada kader HMI karena menghina organisasi tersebut.

Belasan kader HMI itu mulai beraksi sekitar pukul 10.45 WIB. Aksi yang mendapat pengawalan dari polisi tersebut menjadi perhatian para pengguna jalan. Mereka turut mengusung beberapa kanton bertuliskan, “Saut Tidak Layak Menjadi Pimpinan KPK”, “Hey Saut!! HMI bukan Koruptor, Jaga Mulutmu itu”, dan “Jangankan Kau Saut, Kalau Salah Negarapun Kami Lawan. Camkan Itu Saut”.

Koordinator aksi, Muhammad Noval, dalam orasinya menentang keras pernyataan Saut Situmorang yang mengaitkan koruptor dengan organisasi HMI saat mengisi sebuah acara di salah satu televisi swasta. “Pernyataaan Saut bukan saja menghina HMI, tapi sudah menghina Islam. Saut tidak layak menjadi seorang pemimpin KPK,” teriak Muhammad Noval.

Pernyataan itu, kata Noval, sangat tidak pantas diucapkan oleh pimpinan penegak hukum. Dia menjelaskan, pengkaderan HMI bukanlah untuk melahirkan koruptor. Pernyataan Saut, sangat bertentangan dengan tujuan HMI yaitu, terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernafaskan Islam, dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhai Allah SWT.

Dalam orasinya, Noval juga menyebutkan beberapa nama tokoh besar dalam internal KPK yang berasal dari HMI. Seperti Abdullah Hehamahua, Mahfud MD, Chandra Hamzah, Bambang Widjayanto.(mas) (uri/hon//JK)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id