Distan Aceh Besar Tangkar Benih Bawang Merah di Lhoong | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Distan Aceh Besar Tangkar Benih Bawang Merah di Lhoong

Foto Distan Aceh Besar Tangkar Benih Bawang Merah di Lhoong

BANDA ACEH – Pemkab Aceh Besar melalui Dinas Pertanian dan TPH setempat, Senin (9/5), melakukan penanaman perdana penangkaran benih bawang merah di Gampong Gapui, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar. Penanaman perdana itu dilakukan Kadis Pertanian dan TPH Aceh Besar, Ir Hasballah MSi, Danlanud SIM, Kolonel PNB Suliono, Ketua Partai Aceh (PA) Aceh Besar, Saifuddin Yahya SE (Pak Cek), Muspika Lhoong, serta anggota kelompok Tani Suka Maju di lahan seluas lima hektare.

Kadis Pertanian dan TPH Aceh Besar, Ir Hasballah MSi, seusai tanam perdana itu menjelaskan, petani optimis Aceh Besar dapat menjadi salah satu sentra penghasil bawang merah di Aceh. Sebab, potensi lahannya cukup luas. “Tahun ini kita tanam bawang merah pada areal seluas 35 hektare,” ujarnya.

Menurut Hasballah, kelompok tani di sejumlah kecamatan di Aceh Besar seperti Lhoong, Peukan Bada, Lembah Seulawah, dan Kecamatan Mesjid Raya juga terus menggalakkan penanaman bawang merah. Dikatakan, petani sangat bersemangat menanam bawang merah karena prospek pasarnya bagus. Sebab, selama ini bawang merah didatangkan dari luar Aceh, padahal permintaan pasar sangat besar.

“Dengan penangkaran ini kita harapkan ke depan benih bawang merah tidak lagi didatangkan dari Berebes, tapi bisa diatasi oleh petani lokal,” pungkasnya. Penangkaran bawang merah, lanjut Hasballah, juga ikut didukung oleh Bank Indonesia dalam pemberdayaan petani. Sebab, bawang merah merupakan salah satu komoditi penyebab inflasi. “Untuk itu, kami mengajak masyarakat untuk menanam bawang, karena prospek di pasaran masih menjanjikan,” ungkapnya.

Camat Lhoong, Azhar SSos memberi apresiasi kepada kelompok tani Suka Maju serta dinas pertanian dan TPH Aceh Besar yang ikut berkontribusi dalam menyemangati petani untuk mengarap lahannya. Ketua Kelompok Tani Suka Maju, Yusran berharap pemerintah terus meningkatkan kemampuan sumber daya petani dalam bercocok tanam, khususnya bawang. “Kami juga berharap Pemkab Aceh Besar bersama instansi terkait memberi dukungan maksimal agar usaha tani bawang merah terus sukses di masa mendatang,” katanya.(rel/jal) (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id