Bibit Padi Diduga Sengaja Dipalsukan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Bibit Padi Diduga Sengaja Dipalsukan

Foto Bibit Padi Diduga Sengaja Dipalsukan

* BKP-Luh Minta Penyalur Bertanggung Jawab

SUKA MAKMUE – Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh (BKP-Luh) Kabupaten Nagan Raya mengatakan pencampuran bibit padi dengan varietas lain yang kini ditemukan di Nagan Raya diduga ada unsur kesengajaan karena kerap terjadi.Akibatnya, petani yang menggunakan bibit padi bersubsidi pemerintah tersebut rentan mengalami kerugian karena dampak yang ditimbulkan dari pencampuran tersebut menurunkan hasil panen dari biasanya.

“Kalau selama ini produksi padi hasil tanam mencapai 100 persen atau berada di atas rata-rata 5-7 ton/hektare, maka dengan menggunakan bibit yang bercampur itu produksi padi menurun berkisar antara 30-40 persen,” kata Kepala BPK-Luh Said Johar kepada Serambi kemarin.

Dia sebutkan dampak lain dari pencampuran bibit tersebut menyebabkan kalangan petani dan tenaga penyuluh pertanian yang selama ini membimbing petani mengalami trauma dan rugi besar. Sebab, dalam kemasan ditulis bibit tersebut merupakan bibit varietas unggul. Namun ketika ditanam oleh petani justru hasilnya jauh berbeda. Said Johar menyebutkan tanaman padi tumbuh juga tumbuh tidak serempak sehingga menyebabkan terjadinya gangguan serangan hama dan menurunnya produksi.

Kepala BPK-Luh Said Johar menegaskan pencampuran bibit padi dengan varietas lain yang disalurkan sebuah perusahaan ternama di Kabupaten Nagan Raya telah dua kali terjadi. “Kami berharap pihak perusahaan yang menyalurkan bibit bercampur ini harus bertanggung jawab karena diduga telah memalsukan benih yang tak sesuai dengan sertifikat benih,” tegas Said. Ia juga meminta perusahaan yang menyalurkan bibit padi subsidi pemerintah harus mengganti kerugian yang selama ini dialami petani di Nagan Raya.(edi) (uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id