Bulog Galus belum Salurkan Raskin | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Bulog Galus belum Salurkan Raskin

Foto Bulog Galus belum Salurkan Raskin

* Jatah Januari-Mei

* Akibat Masalah Data

BLANGKEJEREN – Ratusan ton beras miskin (Raskin) yang berada di gudang Buloq Sentang, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues (Galus) belum disalurkan kepada masyarakat. Jatah raskin untuk penerima manfaat Januari- Mei 2016 tersebut terancam membusuk dan berkutu.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Serambi, Raskin jatah lima bulan yang tak kunjung disalurkan tersebut akibat masalah data penerima. Pemkab Galus meminta agar data penerima yang berasal dari pusat diubah. Ini terkait dengan penyaluran raskin yang selama ini dinilai tidak tepat sasaran, sehingga perlu pendataan ulang. Padahal raskin itu sangat dibutuhkan dan dinanti oleh masyarakat.

Anggota DPRA, Muhammad Amru kepada Serambi kemarin mengaku sudah mendatangi dan meninjau langsung Gudang Buloq yang berada di Sentang pada hari libur. Namun, tidak berjumpa dengan petugasnya. Informasi yang diperolehnya, raskin yang masih menumpuk di gudang Buloq Galus tersebut mencapai sekitar 500 ton lebih yang belum disalurkan kepada masyarakat miskin.

“Bantuan raskin selama ini sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Galus, tapi kenapa tidak disalurkan. Sehingga dikhawatir raskin yang menumpuk ratusan ton untuk jatah lima bulan tersebut terancam berkutu dan membusuk,” kata M Amru.

Sementara Kepala gudang Buloq Sentang Galus, Junaidi Abdilah yang dihubungi Serambi berkali-kali via nomor telepon gengamnya (HP) tidak aktif hingga petang ini. Bahkan Junaidi dilaporkan merupakan pejabat kepala gudang yang baru yang menempati posisi kepala gudang sebelumnya Hilal Kudus.

Secara terpisah, mantan kepala gudang Buloq Sentang, Hilal Kudus, kepada Serambi mengatakan, penyaluran Raskin di Galus terjadi kendala akibat Pemkab sempat yang meminta penyaluran raskin tepat sasaran. Pemkab juga meminta dilakukan pendataan ulang untuk penerima bantuan raskin tersebut. Data penerima raskin yang ada di Buloq tersebut merupakan datang dari pusat, sehingga data penerima mamfaat itu belum bisa diutak atik dan diganti begitu saja.

“Pemkab minta data penerima raskin di Galus didata (diubah) kembali, agar penyaluran raskin tetap sasaran. Jatah raskin di Galus yang belum disalurkan untuk jatah Januari-Mei 2016 dan masih menumpuk di gudang itu,” sebut Hilal Kudus yang mengaku sudah pindah tugas ke Banda Aceh setelah posisinya diganti oleh kepala gudang yang baru sekitar empat bulan lalu.(c40) (uri/wi/ovi/ovianti/DNN)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id