Tanda Negara Makin Sejahtera, Banyak Wanita Pakai Sepatu “High Heels” | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Tanda Negara Makin Sejahtera, Banyak Wanita Pakai Sepatu “High Heels”

Foto Tanda Negara Makin Sejahtera, Banyak Wanita Pakai Sepatu “High Heels”

aceh.Uri.co.id – Siapa yang menyangka bahwa ukuran tumit sepatu wanita bisa menjadi refleksi kesejahteraan perekonomian suatu negara. Bagaimana mungkin?

Amerika Serikat yang memiliki sejumlah besar negara bagian dengan tingkat perekonomian menengah ke atas, mengadopsi preferensi lingkungan sosial pada tren mode paling anyar.

Sementara itu, negara bagian yang memiliki tingkat perekonomian rendah, tidak peduli pada tren mode yang berlaku, malah cenderung ketinggalan zaman.

Demikianlah kesimpulan dari studi Tepper School of Business yang dirilis beberapa waktu lalu.

Studi menunjukkan bahwa tinggi tumit sepatu wanita, mengidentifikasikan selera mode seorang wanita, apakah berani dalam mencetak tren atau pasif mengikuti tren. Ternyata, hal-hal tersebut berpengaruh pada suhu perekonomian suatu negara atau kota.

Sepatu tumit tinggi adalah cerminan seorang wanita yang menyukai koleksi mahal dan mewah. Standar serupa juga berlaku pada aspek kehidupan lainnya. Praktis, segala hal yang memiliki nilai jual tinggi tentu membutuhkan daya beli yang kuat.

Ilustrasi tersebut menjadi acuan utama dari studi yang dipimpin oleh asisten profesor, Jeff Gala, dan rekan-rekan.

Hasil studi dirangkum dalam sebuah karya tulis bertajuk, Trickle-down preferences: Preferential Conformity to High Status Peers in Fashion Choices.

“Mempelajari tinggu tumit sepatu memang pendekatan yang janggal dalam memahami kondisi sosial, tetapi sebenarnya, ini adalah aturan yang ideal,” jelas Galak.

“Pilihan dalam bergaya merupakan keputusan nyata yang dipengaruhi dari kondisi kesejahteraan dan sosial pada umumnya,” imbuhnya.

Para peneliti mempelajari 16,236 sampel penjualan sepatu dari 2007 responden wanita di 180 kota di Amerika Serikat selama lima tahun.

Mereka menemukan bahwa perubahan tinggi tumit sepatu wanita berubah seiring lokasi tempat tinggal mereka.

Studi membeberkan, ketika seorang wanita pindah ke kota atau negara bagian yang pendapatannya rendah, maka mereka mengganti sepatu high heels dengan tumit yang lebih rendah hingga datar.

Namun, saat mereka sedang berada atau pindah menetap di kota yang pendapatannya tinggi, mereka memilih beraktivitas mengenakan sepatu high heels keluaran terkini. (uri/wi/ovi/ovianti/DNN)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id