Avanza Kuasai Pasar Mobil | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Avanza Kuasai Pasar Mobil

Foto Avanza Kuasai Pasar Mobil

* Veloz Tetap Digemari

BANDA ACEH – Mobil mini multi purvose vehicle (MPV) Toyota All New Avanza tetap menguasai pasar mobil Aceh sampai awal Mei ini. Sang raja jalanan ini yang telah menambah model baru, All New Veloz ternyata tetap digemari warga Aceh, terutama bermesin 1.300 cc karena dinilai irit dibanding yang bermesin lebih besar.

Avanza dan Veloz yang memiliki varian paling lengkap, sama-sama dipersenjatai mesin 1.300 cc dan 1.500 cc. “Sejak peluncuran model baru keluarga Avanza, ternyata Veloz tetap digemari warga Aceh, walau pesanan terbanyak masih Avanza,” jelas Azhar SE, Sales Manager PT Dunia Barusa, Sabtu (7/5).

Azhar mengklaim mobil keluarga Avanza, termasuk Veloz masih menguasai pasar kendaraan roda empat di Aceh. Dia berharap, pesanan Avanza pada Mei 2016 dapat meningkat dibandingkan April 2016 yang hanya 92 unit, minimal di angka 150 unit lebih, seiring perekonomian Aceh mulai menggeliat kembali.

Tetapi, dia kembali mewanti-wanti para calon konsumen Avanza dan Veloz agar melakukan pesanan segera, agar unitnya dapat tiba sebelum lebaran Idul Fitri mendatang. Disebutkan, pesanan kedua mobil keluarga itu terus meningkat secara nasional, walau untuk Aceh sudah diberi kuota khusus.

Bahkan, sebutnya, bagi pemesan Avanza dan Veloz bulan ini akan mendapatkan jasa servis dan spareparts gratis sampai 50.000 km atau 4 tahun melalui program “Paket Oke”. “Kemudahan lainnya, uang muka Avanza tetap Rp 18 juta dan sisanya dapat dicicil dari 1 sampai 6 tahun,” urai Azhar.

Dia menjelaskan bagi yang ingin membeli mobil lainnya, maka uang muka (DP) untuk Agya Rp 15,835 juta, All New Rush Rp 32,75 juta dan All New Yaris Rp 33,605 juta. Sedangkan DP untuk All New Innova yang mulai menjadi primadona kaum mapan wanita Aceh sebesar Rp 45 juta.

Dia menambahkan harga mobil belum mengalami kenaikan, masih sama seperti bulan-bulan sebelumnya. Avanza dibandrol dari Rp 195,9 juta untuk varian E M/T sampai Rp 299,9 juta untuk G 1,5 M/T. Sedangkan All New Veloz 1.3 M/T Rp 222,8 juta dan 1.3 A/T Rp 234,8 juta. Veloz 1.5 M/T Rp 233,7 juta dan A/T Rp 245,7 juta.

Agya dibandrol dari Rp 122,55 juta sampai Rp 144,5 juta/unit. All New Innova dibandrol dari Rp 330 juta sampai Rp 446,4 juta/unit dan All New Rush, dari Rp 252 juta sampai Rp 287,05 juta/unit. Sedangkan untuk All New Yaris, dibandrol dari Rp 243,9 juta sampai 284,9 juta/unit.

Azhar mengungkapkan dari 1.093 unit mobil yang terpesan, Avanza dan Veloz menguasai 48 persen atau berjumlah 526 unit untuk periode Januari 2016 sampai 7 Mei 2016. Dikatakan, awal bulan ini, sebanyak 41 unit terpesan yakni Avanza 22 unit, Agya 8 unit, Innova 5 unit dan lainya masing-masing 2 unit yaitu Fortuner, Yaris dan Etios.

Disebutkan, sebagian calon konsumen yang masuk inden, telah menerima unit masing-masing, terutama Avanza dan Veloz pada awal bulan ini. Dia mengakui, khusus Avanza dan Veloz type tertentu masuk daftar inden, tetapi mulai bulan ini tidak akan lama lagi, karena stok sudah dipersiapkan di TAM Jakarta.

Bahkan, sebutnya, beberapa unit Avanza dan Veloz ready stock, sehingga bagi yang ingin membawa pulang dapat langsung mengunjungi showroom PT Dunia Barusa Banda Aceh. “Sebagian besar calon konsumen Avanza atauy Veloz meminta varian yang sama, termasuk warna, sehingga harus masuk daftar tunggu,” katanya.

Untuk menghindari hal ini, calon konsumen dapat memilih varian yang sudah tersedia atau peminatnya tidak banyak. Walaupun demikian, bagi calon konsumen yang telah memesan Avanza, maka unitnya akan segera tiba secara terjadwal dan tidak akan ada lagi inden dengan waktu lama.

Sedangkan untuk mobil keluarga terbaru Toyota, All New Sienta akan masuk segera masuk Aceh pada Juli 2016. “Bagi calon konsumen yang telah memesan Sienta tidak perlu khawatir, karena unitnya akan tiba, seiring peluncuran di Banda Aceh,” ujarnya.

Untuk mini SUV, All New Rush baru, TRD Sportivo 7 dan TRD Sportivo Ultimo yang memiliki 3 baris bangku atau tujuh penumpang juga mengalami hal serupa. Tetapi, untuk calon konsumen tidak harus menunggu lama, karena unitnya dapat langsung dipesan di TAM Jakarta, jika pesanan sudah masuk ke showroom.

Azhar menyatakan layanan PT Dunia Barusa ter diperluas di Aceh, maka pelanggan setia di wilayah timur dan tengah tidak perlu jauh-jauh ke Banda Aceh untuk memesan atau menervis mobil. Bagi konsumen timur dan tengah dapat mendatangi showroom Lhokseumawe dan Sigli, sedangkan barat-selatan di showroom di Meulaboh.

Dia kembali menjelaskan bahwa harga mobil lebih murah di Aceh dibandingkan di Medan, karena pajak lebih rendah. Azhar menegaskan layanan penjualan, servis dan suku cadang, termasuk body paint khusus di showroom Banda Aceh akan terus ditingkatkan, sehingga seluruh kendala yang dihadapi pelanggan dapat diatasi.(muh) (uri/evo/stuti/RA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id