Jalan Amblas belum Ditangani | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Jalan Amblas belum Ditangani

  • Reporter:
  • Minggu, Mei 8, 2016
Foto Jalan Amblas belum Ditangani

* Bertabur di Jalur Galus ke Abdya

BLANGKEJEREN – Sejumlah jalan yang amblas dan berlubang yang bertabur dari jalur Gayo Lues (Galus) ke perbatasan Aceh Barat Daya (Abdya) belum ditangani. Padahal, jalur itu telah masuk tahap pemeliharaan dengan pembersihan rumput berduri di bahu jalan, sehingga sempat dikeluhkan pengguna jalan.

Warga empat kecamatan di jalur itu meminta Pemprov Aceh untuk melanjutkan penanganan dengan memperbaiki jalan rusak dan amblas yang telah terjadi bertahun-tahun. Bahkan, mereka meminta pihak terkait untuk mensiagakan alat berat, seiring mulai memasuki hujan untuk menangani jalan yang longsor atau amblas seperti tahun lalu.

Berdasarkkan laporan yang diterima Serambi dari petugas pembersihan, rumput berduri di lintasan penghubung empat kecamatan yakni Kutapanjang, Blangjerango, Tripe Jaya dan Terangun sudah selesai dibersihkan. Dinas Bina Marga Aceh telah mengerahkan puluhan petugas untuk membersihkan rumput, tetapi bukan untuk memperbaiki jalan yang rusak.

“Lintasan Blangkejeren ke Terangun yang dilalui warga empat kecamatan sudah bebas dari rumput berduri, tetapi jalan amblas dan berlubang belum juga diperbaiki,” ujar Selamat, salah seorang warga Kutapanjang kepada Serambi, Sabtu (7/5). Dia berharap, penanganan jalan yang rusak segera dilaksanakan, sehingga tidak semakin parah.

Begitu juga halnya diakui warga Blangjerango dan Tripe Jaya yang meminta pihak terkait melakukan pembersihan rumput berduri secara rutin, tidak hanya pada waktu tertentu. Mereka menyatakan, jika dibiarkan, maka rumput berduri akan kembali mempersempit badan jalan, apalagi musim hujan sudah dekat.

“Warga empat kecamatan meminta pihak terkait agar melakukan pembersihan dan perawatan jalan yang rusak secara rutin, meskipun tahap awal sudah selesai dibersihkan,” jelas Iskandar, salah seorang pemuda Tripe Jaya yang dibenarkan warga Blangjerango lainnya.

Seperti dilansir sebelumnya, petugas Dinas Bina Marga (BM) Aceh mulai membersihkan rumput berduri yang menutupi sebagian badan jalan dari Blangkejeren ke Terangun, Senin (2/5). Pembersihan dimulai dari simpang empat Mapolsek Blangkejeren menuju kawasan Terangun, jalur bagi empat empat kecamatan di Galus yang menghubungkan ke Babahrot, Abdya.

Warga empat kecamatan tersebut berulangkali meminta Dinas BM Aceh agar melakukan pemeliharaan dan pembersihan rumput berdiri yang sangat menganggu pengendara, selain jalan berlubang atau tertutup material longsor.(c40) (uri/hon//JK)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id