Tim Aceh Kembali Bahas Hubungan Bawaslu dan Panwaslih | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Tim Aceh Kembali Bahas Hubungan Bawaslu dan Panwaslih

Foto Tim Aceh Kembali Bahas Hubungan Bawaslu dan Panwaslih

MEDAN – Tim Aceh yang terdiri dari perwakilan Pemerintah Aceh dan DPRA kembali diundang oleh pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia untuk membahas draf peraturan Bawaslu soal tata kerja dan hubungan antara Bawaslu dengan Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh terkait pelaksanaan Pilkada 2017 mendatang.

Salah satu tim dari DPRA, Iskandar Usman Al-Farlaky, saat ditemui Serambi di Aula Hotel Grand Angkasa Medan seusai pertemuan tersebut, Selasa (4/5) malam, menjelaskan bahwa mereka sudah merampungkan pembahasan draf yang nantinya akan dijadikan peraturan Bawaslu RI menyangkut hubungan Bawaslu dengan Panwaslih di Aceh.

Iskandar menambahkan, pertemuan yang difasilitasi Bawaslu RI tersebut merupakan pertemuan kedua. Sebelumnya, di Jakarta pihaknya juga sudah merampungkan draf menyangkut peraturan Bawaslu terkait pembentukan lembaga Panwaslih di Aceh.

“Kerangka ini harus diatur dengan jelas untuk menunjukkan mana saja tugas dan fungsi kedua lembaga ini agar di lapangan nanti tidak tumpang tindih,” kata politisi Partai Aceh ini.

Ketua Badan Legislasi DPRA ini menambahkan, dalam draf yang dibahas kemarin, secara umum mengatur tentang pola hubungan kedua lembaga, termasuk soal pengawasan, pelaporan, pelanggaran etik, pendanaan, pengawas, pola hubungan, dan ketentuan lain menyangkut fungsi kerja pengawasan.

Dalam waktu dekat ini, lanjut Iskandar, pihak Bawaslu juga akan segera menjadikan draf tersebut menjadi peraturan, lantaran modul peraturan yang telah dikeluarkan Bawaslu RI nantinya akan turut disampaikan kepada pihak Panwaslih.

“Kita berharap agar semuanya bisa cepat kelar. Pelantikan Panwaslih juga akan segera dilakukan oleh Bawaslu. Saat ini banyak juga teman-teman Panwaslih kabupaten/kota yang menanyakan informasi ke kami kapan mereka akan dilantik. Tadi informasi dari komisioner Bawaslu RI mereka akan all out ke Aceh saat pelantikan Panwaslih nanti,” tandasnya.(mad) (uri/anni/addad/BH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id