40 Perajin Se-Aceh Dilatih Manajemen Usaha | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

40 Perajin Se-Aceh Dilatih Manajemen Usaha

Foto 40 Perajin Se-Aceh Dilatih Manajemen Usaha

BANDA ACEH – Sebanyak 40 perajin se-Aceh mengikuti pelatihan manajemen usaha dan peningkatan penggunaan informasi teknologi untuk pengembangan usaha kerajinan, di Hotel Permata Hati, Banda Aceh, Selasa (3/5). Kegiatan dilaksanakan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh ini untuk meningkatkan nilai usaha perajin dengan memperbaiki sistem menajemen penjualan melalui pemanfaatan teknologi.

Ketua Dekranasda Aceh, Niazah A Hamid dalam sambutannya saat membuka acara tersebut, mengatakan perkembangan dunia usaha di era digital saat ini menuntut kemampuan perajin dalam mengelola usaha agar mampu bersaing dan berkembang.

Tujuan dari pelatihan, 3-6 Mei ini, katanya juga untuk memberikan pengetahuan terkait caramengelola usaha secara baik, menanamkan sikap, jiwa wirausaha, dan etika bisnis.

“Aceh memiliki berbagai ragam kerajinan dengan perpaduan warna, keunikan motif, desain serta ciri khas daerah masing-masing. Seperti anyaman pandan kerawang Aceh Timur, anyaman pandan Simeulue, kasan Pidie, kasab Meulaboh, kerajinan batang kelapa Sabang, dan lainnya,” sebut Niazah.

Dikatakannya lagi, sebagian kerajinan tersebut sudah menjadi sentra usaha kerajinan namun ada yang masih membutuhkan bantuan teknologi, manajemen usaha maupun pemasaran.

Sementara Ketua Bidang Pengembangan Usaha Dekranasda, Mulyadi menambahkan pelatihan tersebut dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan para peserta sehingga mampu bersaing di era Masyarakat Ekonomi Asean. Sedangkan Ketua Panitia, Riva Syamsuddin menyebutkan masing-masing pelatihan itu diikuti sebanyak 20 orang.

“Pelatihan penggunaan informasi teknologi merupakan kegiatan lanjutan yang kita lakukan, sementara manajemen usaha baru pertama dilaksanakan,” katanya. (una) (uri/anni/addad/BH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id