Angkasa Pura Gelar Rapat Komite Keamanan Penerbangan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Angkasa Pura Gelar Rapat Komite Keamanan Penerbangan

Foto Angkasa Pura Gelar Rapat Komite Keamanan Penerbangan

BANDA ACEH – PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar, menggelar rapat komite keamanan penerbangan Bandara SIM di bandara setempat, Senin (2/5). Rapat tersebut diikuti oleh sejumlah tokoh masyarakat sekitar, pihak TNI Polri, dan unsur pemerintahan.

General Manager Angkasa Pura II, Surahmat, dalam sambutannya mengatakan semua permasalahan keamanan penerbangan harus diketahui oleh siapapun, terlebih kepada masyarakat sekitar bandara. Surahmat memaparkan, keselamatan penerbangan harus benar-benar diperhatikan, baik di darat maupun di udara.

“Gangguan di udara seperti layang-layangan yang sewaktu-waktu bisa saja masuk ke dalam baling-baling pesawat, sementara gangguan di darat, biasanya ada hewan ternak atau ada orang yang melintas di landasan pacu (runway) atau pelataran (apron) bandara. Ini cukup bahaya dan bisa terjadi kecelakaan pesawat,” ujar Surahmat.

Kepada tokoh masyarakat, seperti keuchik, imum mukim yang hadir kemarin, Surahmat mengimbau agar menyosialisasikan hal itu kepada semua warga yang tinggal di seputaran bandara dan beraktivitas di dekat bandara, termasuk jangan lagi lagi memotong rumput di areal runway bandara. Pasalnya, hal ini juga akan mempengaruhi fokus pilot pesawat saat landing atau take off.

Dalam rapat kemarin, Surahmat juga menyerahkan bantuan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT Angkasa Pura II kepada 12 warga sekitar.

Sementara itu, PT Garuda Indonesia, hari ini, Selasa (3/5), akan melayani rute penerbangan umrah reguler dari Bandara SIM, Banda Aceh ke Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah. Garuda akan terbang perdana dari Aceh ke Jeddah, yang merupakan lanjutan penerbangan Solo-Banda Aceh, menggunakan pesawat berbadan lebar Airbus 330-300 dengan kapasitas 360 tempat duduk.

“Iya, besok tebang perdana, semoga dengan adanya rute ini bisa memudahkan masyarakat Aceh yang ingin berumrah setiap saat. Besok, ada 100 kursi untuk jamaah melalui Bandara SIM, direncanakan jika tak ada halangan, Pak Gubernur juga akan hadir besok saat pelepasan terbang perdana,” pungkas General Manager PT Garuda Indonesia Aceh, Nano Setiawan menjawab Serambi kemarin. (dan) (uri/syrafi/orat/AG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id