Pimpinan Dayah Se-Pijay Silaturahmi dengan Gubernur | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pimpinan Dayah Se-Pijay Silaturahmi dengan Gubernur

Foto Pimpinan Dayah Se-Pijay Silaturahmi dengan Gubernur

BANDA ACEH – Sejumlah ulama dan pimpinan dayah se-Kabupaten Pidie Jaya (Pijay) bersilaturahmi dengan Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah di Pendopo Gubernur Aceh, Banda Aceh, Minggu (1/5). Pimpinan dayah antara lain meminta gubernur semakin meningkatkan kelancaran pendidikan di dayah. Sedangkan Gubernur Zaini mengatakan saat ini Pemerintah Aceh melalui Badan Dayah akan terus memberikan perhatian khusus kepada dayah-dayah di seluruh Aceh.

Dalam pertemuan itu, Gubernur mengharapkan hubungan silaturahmi dapat terus terjalin dengan ulama dayah, sehingga akan memperkuat hubungan ulama dan umara. Ia menjelaskan, di masa lalu Aceh pernah menjadi kerajaan yang maju karena ulama dan umara saling membantu membangun Aceh.

“Saya harap ke depan ulama dan umara dapat membangun Aceh secara bersama-sama hingga lebih baik. Kalau ada masalah, kita musyawarahkan bersama, setiap masalah tentu bisa diselesaikan dengan musyawarah,” kata Zaini.

Sedangkan ketua rombongan, Abon Abdullah dari Dayah Babul Khairat menyampaikan beberapa rekomendasi kepada gubernur terkait pengembangan dayah di Pijay. Rekomendasi tersebut di antaranya meminta Gubernur untuk memberdayakan ekonomi masyarakat dan kinerja dayah, peningkatan sarana dan prasarana serta membantu kelancaran pendidikan di dayah.

“Kami juga berharap gubernur mempertimbangkan penyetaraan antara Pendidikan Umum dan Pendidikan Dayah, serta peningkatan status dayah dari kantor dayah menjadi badan dayah,” ujar Abon Abdullah.

Menanggapi permintaan ulama, Zaini mengatakan bahwa semua menyangkut agama akan menjadi prioritas Pemerintah Aceh, begitu juga dengan dayah-dayah di Aceh. Saat ini Pemerintah Aceh melalui Badan Dayah akan terus memberikan perhatian khusus kepada dayah-dayah di seluruh daerah ini. Turut hadir dalam pertemuan ini para kepala SKPA, yaitu Kepala Badan Pembinaan dan Pendidikan Dayah, Bustami Usman, Kepala Disnakermobduk Kamaruddin Andalah, dan Karo Humas, Frans Delian. (mun/rel) (uri/ilati/sra/MU)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id