Lelang Proyek di Tamiang Terhambat | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Lelang Proyek di Tamiang Terhambat

Foto Lelang Proyek di Tamiang Terhambat

* Akibat SKPK belum Siapkan DED

KUALASIMPANG – Dari 182 proyek yang tersebar di sejumlah Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) Aceh Tamiang, hingga saat ini baru 44 proyek yang ditayang oleh Unit Layanan Pengadaan (ULP) Aceh Tamiang. Terhambatnya proses pelelangan proyek pembangunan ini disebabkan banyaknya dinas yang belum menyelesaikan dokumen rencana pembangunan atau Detail Engineering Design (DED). Selain itu, ada juga SKPK yang sudah menyiapkan DED dan asistensi dari bagian pembangunan, namun tidak menyampaikan dokumen lelang ke ULP.

“Kami berharap pada bulan Mei ini, seluruh proyek sudah selesai di tender. Karena pada Juni nanti, akan dilakukan perubahan APBK Aceh Tamiang tahun 2016,” ujar Kepala ULP Aceh Tamiang, Julmadi, Senin (2/5).

Ia mengungkapkan, pihaknya sudah tiga kali menyurati Pengguna Anggaran (PA)/Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di sejumlah SKPK, agar segera mengirimkan dokumen rencana pelaksana pengadaan barang/jasa. “Namun surat tersebut belum diindahkan, sehingga lelang proyek masih berlarut-larut. Padahal, jika lelang cepat dilaksanakan, proyek juga akan cepat dikerjakan oleh rekanan,” ujarnya.

Beragam alasan yang ia terima dari pihak dinas/SKPK, mulai DED yang belum tuntas, ada kekeliruan gambar, gambar sedang dikerjakan, dan bermacam alasan lainnya. Kondisi ini mengesankan bahwa ULP menghambat pelaksanaan tender. “Padahal kami tidak menahan-nahan tender. Begitu dokumen disampaikan, kami langsung melakukan verifikasi, setelah itu di SK-kan, dan langsung ditayangkan,” ujarnya.

Terkait lambannya pelelangan proyek di Aceh Tamiang, Serambi mencoba menghubungi sejumlah kepala SKPK, namun hanya Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian yang berhasil dikonfirmasi melalui ponsel masing-masing.

Kepala Dinas Pertanian, drh Yusbar, mengatakan bahwa di dinasnya, hanya terdapat tiga paket proyek yang ditender. Dua sudah ditayangkan, berupa pengadaan Bibit Ternak Sapi Bali dan pengadaan Bibit Ternak Sapi Lokal. “Sementara, satu lagi sedang dalam proses penyiapan karena ada dokumen yang harus diperbaiki,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tamiang, dr Muhammad Nur Fajri mengatakan, saat ini pihaknya sedang dalam proses pengerjaan DED. “Karena tahun ini, pembangunan proyek fisik dengan pembuatan DED berlangsung secara bersamaan, namun dalam waktu dekat akan selesai,” jelasnya.(md) (uri/ngbert/atoel/EL)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id