LBFT Banda Aceh Diikuti 1.500 Peserta | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

LBFT Banda Aceh Diikuti 1.500 Peserta

Foto LBFT Banda Aceh Diikuti 1.500 Peserta

BANDA ACEH – Lomba Berhitung Fakultas Teknik (LBFT) ke-22 tahun 2016 Regional Banda Aceh, Minggu (1/5) digelar di Aula Besar BKPP Aceh, Lampineung, Banda Aceh. lomba berhitung tahunan yang diselenggarakan mahasiswa Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) itu diikuti 1.500 peserta, dari sekolah dasar (SD) hingga tingkatan umum.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Banda Aceh, Ir Bahagia Dipl SE saat membuka kegiatan itu mengatakan, pihaknya sangat mendukung LBFT sebagai even yang mencerdaskan masyarakat. Dia berharap, acara tahunan itu terus digalakkan dengan meningkatkan koordinasi antara panitia dan pemerintah.

Sedangkan Ketua panitia LBFT Regional Banda Aceh, Rahmat Arief yang didampingi wakilnya Fadli kepada Serambi mengatakan, Banda Aceh merupakan lokasi terakhir pelaksanaan LBFT tahun 2016, setelah diselenggarakan di 17 kabupaten/kota di Aceh.

Menurut Rahmat, ajang tersebut digelar untuk memotivasi semua kalangan yaitu pelajar dan orang tua untuk gemar berhitung. Adapun kategori yang diperlombakan yaitu SD (SD-A kelas 1 dan 2, SD-B kelas 3 dan 4, SD-C kelas 5 dan 6), SMP, SMA, dan umum. “Setiap juara 1 di kabupaten dan kota akan diadu pada ajang provinsi yang digelar 2 Mei 2016 (hari ini). LBFT tingkat provinsi digelar di Gedung SMK Lhong Raya,” jelasnya.

Katanya, para peserta setiap kategori diharuskan menjawab 18 soal hitungan dasar sesuai tingkatan mereka dalam waktu 5 menit. “Hitungan dasar yang kami berikan sudah disesuaikan. Berbeda dengan soal olimpiade yang jauh lebih rumit,” ujar Rahmat.

Sedangkan Fadli menambahkan, para juara berhak memdapatkan hadiah yaitu uang tunai, trofi, sertifikat, dan bingkisan menarik. Khusus untuk juara tingkat provinsi katanya, panitia telah menyiapkan hadiah istimewa. “Khusus para juara 1 tingkat SD gratis mengikuti bimbel di A+, juara 1 tingkat SMP bebas tes SMA Labschool Banda Aceh, dan juara 1 SMA bebas masuk Fakultas teknik Unsyiah jurusan apa saja,” tandasnya. (fit) (uri/atrya/ratama/SP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id