Peserta SMF Nikmati City Tour di Banda Aceh | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Peserta SMF Nikmati City Tour di Banda Aceh

Foto Peserta SMF Nikmati City Tour di Banda Aceh

BANDA ACEH – Sebanyak 36 turis mancanegara peserta kapal layar (yacth) Sabang Marine Festival (SMF) 2016, Sabtu (30/4) tiba di Banda Aceh. Rombongan sangat antusias saat menikmati agenda city tour ke sejumlah lokasi wisata di Banda Aceh, seperti Museum Tsunami, rumah makan Aceh, dan warung kopi (warkop) yang sudah menjadi ciri khas Aceh.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Drs Reza Fahlevi MSi melalui Kabid Pemasaran, Rahmadhani MBus, Sabtu (30/4) mengatakan, para turis langsung disuguhi kopi khas Aceh di sebuah warkop di kawasan Seutui, saat tiba di Banda Aceh melalui pelabuhan Ulee Lheue.

“Sekitar 36 peserta SMF dijemput langsung di pelabuhan Ulee Lheue dan langsung kami ajak ngopi pagi di Seutui. Mereka sangat suka kopi, bahkan banyak yang membeli kopi sebagai oleh-oleh,” ujarnya, seraya menyebut para peserta datang ke ajang SMF 2016 dengan 18 kapal layar, dan berasal dari berbagai negara.

Dia menambahkan, setelah menikmati kopi panas, para peserta dibawa ke Museum Tsunami Aceh dan disambut penampilan seni Aceh seperti Tari Ranub Lampuan dan Rapa’i Geleng. “Selain itu mereka diajak melihat berbagai fasilitas museum mulai dari jembatan harapan, ruang audio visual, ruang kenangan, ruang sumur doa, lorong cerobong, ruang cahaya serta sejumlah koleksi peninggalan tsunami 2004 silam,” jelasnya.

Menurut Ramadhani, peserta sangat antusias saat melihat berbagai rekaman visual ganasnya musibah gempa dan tsunami di Aceh. “Mereka terlihat ekspresif melihat tayangan visual di museum dan dipandu petugas Museum yang menjelaskannya secara rinci,” tambah dia.

Meskipun waktu city tour itu cukup singkat yaitu kurang dari 6 jam, para peserta tetap sempat menikmati santap siang di salah satu rumah makan khas Aceh, berbelanja di Pasar Atjeh, mengunjungi PLTD Apung di Punge, sebelum akhirnya bertolak balik ke Sabang.

Rahmadhani MBus menambahkan, pihaknya berkomitmen menjadikan Sabang Marine Festival (SMF) sebagai even tahunan di Aceh. “Pemerintah Aceh sepakat menjadikannya sebagai ajang tahunan. Kami sangat termotivasi untuk membuat SMF yang lebih semarak tahun depan, berkaca dari peningkatan peserta tahun ini,” kata dia.

Dia katakan, pada tahun ke-2 pelaksanaan SMF itu, jumlah kapal layar yang berpartisipasi meningkat dari 7 menjadi 18 kapal. “Peserta yang ikut di tahun 2015 sebanyak 8 orang, tahun ini meningkat menjadi 36 orang,” ujarnya, seraya menyebut pihaknya juga terus menggalakkan kegiatan pendukung lainnya seperti fun bike, fun walk, lomba pameran foto, Sabang Wonderful Art Week, serta perlombaan tradisional lainnya di ajang itu. (fit) (uri/wi/ovi/ovianti/DNN)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id