Ini Syarat Klaim JKM di Taspen | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Ini Syarat Klaim JKM di Taspen

Foto Ini Syarat Klaim JKM di Taspen

* Bagi PNS yang Meninggal pada Masa Aktif

LHOKSEUMAWE – Ahli waris dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang meninggal pada masa aktif, harus memenuhi beberapa persyaratan untuk pencairan atau klaim jaminan kematian (JKM). Syaratnya antara lain melampirkan surat keterangan meninggal dari desa, rumah sakit, atau dinas terkait, kutipan perincian gaji, SK pertama, dan KTP pemohon.

Kepala Cabang PT Taspen Persero Lhokseumawe, M Isya, Sabtu (30/4), menjelaskan, dana JKM tersebut terdiri atas tiga unsur, yakni santunan kematian Rp 15 juta, biaya penguburan Rp 7,5 juta, dan uang duka wafat tiga bulan gaji. “Dana JKM ini akan dicairkan bersamaan dengan tabungan hari tua, asuransi kematian, dan Taperum,” katanya.

Saat hendak mengajukan pencairan dana JKM bersamaan dana lainnya, maka ahli waris harus melengkapi administrasi diantaranya, permohonan pada PT Taspen, surat keterangan meninggal (dari kepala desa, rumah sakit atau Dinas Pencacatan Sipil setempat), kutipan perincian gaji saat meninggal. Lalu SK pertama, KTP pemohon, surat nikah terlegalisir bagi yang sudah menikah, fotokopi rekening bank.

“Serta juga cantumkan nomor telepon, karena saat dana sudah masuk ke rekening nanti akan ada pelaporan dari Taspen dan nominalnya,” katanya.

Permohonan pencairan dana JKM, kata M Isya, bisa diajukan oleh ahli waris melalui Badan Kepegawaian, ke Kantor Taspen, serta melalui mitra bayar Taspen seperti PT Pos Indonesia, BRI, Bank Aceh, Mandiri, BNI, Bank Syariah Mandiri, Muamalat, BTN, BTPN dan Bukopin.

“Saat berkas sampai ke kami dan dinyatakan lengkap, maka proses pencairan hanya butuh satu jam,” ungkapnya. Ditambahkannya, sejak Taspen Lhokseumawe beroperasi 1 Januari 2016, hingga kini telah membayar JKM bagi 56 ahli waris PNS yang meninggal masa aktif, dengan rincian Aceh Tenggara 27 orang, Bener Meriah 10 orang, Aceh Tengah 11 orang, dan PNS Pusat delapan orang.

Untuk diketahui, Taspen Lhokseumawe melayani Aparatur Sipil Negara (ASN) di 10 kabupaten/kota, yakni Aceh Utara, Lhokseumawe, Aceh Tamiang, Aceh Timur, Kota Langsa, Bireuen, Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues, dan Aceh Tenggara.(bah) (uri/syrafi/orat/AG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id