Bupati: Anggarkan Dana untuk Rumah Duafa | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Bupati: Anggarkan Dana untuk Rumah Duafa

Foto Bupati: Anggarkan Dana untuk Rumah Duafa

MEULABOH – Bupati Aceh Barat HT Alaidinsyah meminta pimpinan desa mengalokasikan sebagian dana desa untuk pembangunan atau rehab rumah duafa. “Kita juga sudah meminta untuk didata,” kata Bupati Alaidinsyah kepada wartawan saat melantik keuchik di Ujong Kalak, Selasa (26/4) lalu.

Menurut Alaidinsyah, beberapa desa di Aceh Barat sudah mengalokasikan dana desa untuk program rumah duafa dalam tahun 2016. Namun terdapat juga desa yang tidak menganggarkannya untuk program pengentasan kemiskinan. “Tahun 2017 mendatang akan kita minta di desa-desa mengalokasikan dana desa untuk rumah duafa terutama desa yang masih banyak terdapat warga miskin atau rumah tidak layak huni,” kata Alaidinsyah.

Ia mengatakan, pembangunan rumah duafa atau rumah warga miskin sudah menjadi program pemerintah termasuk dianggarkan dalam dana Otsus yang setiap tahun di Aceh Barat diplotkan dengan besaran hingga 10 persen. Namun, katanya, pembangunan tentu dilakukan bertahap.“Selama ini beberapa rumah tidak layak huni sempat luput dari bantuan karena tidak diajukan permohonan sehingga tidak mendapat bantuan dari pemerintah setempat,” katanya.

Bentuk Komunitas
Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Aceh Barat Rachmat Fitri memanggil seluruh pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) untuk membahas terkait rencana pembentukan komunitas penanganan masyarakat miskin bersifat swadaya. Pertemuan pada 28 April lalu di ruang rapat Wabup tersebut turut dihadiri Kadis Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Aceh Barat, Shah Triza Putra Utama. “Ini juga salah satu terobosan. Sebab petugas PKH merupakan pendamping dari keluarga miskin,” ujar Shah Triza kemarin.(riz) (uri/inaldy/eryance/RG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id