15 Prodi UIN Masuk SBMPTN 2016 | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

15 Prodi UIN Masuk SBMPTN 2016

Foto 15 Prodi UIN Masuk SBMPTN 2016

BANDA ACEH – 15 prodi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh resmi dimasukkan dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2016. Hal tersebut berdasarkan keputusan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) pada Maret lalu, bahwa UIN Ar-Raniry ikut serta dalam seleksi tahunan yang diselenggarakan Dikti.

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Farid Wajdi Ibrahim MA, Jumat (29/4) mengatakan, pada tahun Akademik 2016/2017, UIN Ar-Raniry diikutsertakan dalam SBMPTN dengan panitia lokal (panlok) 11 Universitas Syiah Kuala (Unsyiah). “Ini langkah positif karena kami sama dengan perguruan tinggi lainnya lewat jalur SBMPTN,” kata Farid, dan menyebut pendaftaran jalur itu sejak 25 April- 20 Mei 2016.

Menurutnya, selain mengadakan seleksi bersama dengan Unsyiah untuk pertama kalinya, UIN Ar-Raniry masih memiliki tiga tes penerimaan mahasiswa yaitu SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan SPMB Mandiri. “Khusus prodi umum diselenggarakan lewat SBMPTN Unsyiah. Calon mahasiswa dapat membuka portal dan mengecek langsung 15 prodi tersebut,” kata dia seraya menyebut informasi lebih lanjut dapat mengakses http://www.sbmptn.ac.id.

Sementara itu, Wakil Rektor I, Dr H Muhibbuthabry MAg menambahkan, 15 prodi umum tersebut diselenggarakan melalui 2 jalur, yaitu SBMPTN 2016 dan SPMB Mandiri. “Dalam SBMPTN kali ini UIN Ar-Raniry sebagai PTN peserta di bawah Panlok Unsyiah. Bagi peserta yang tidak tertampung pada jalur awal ini (SBMPTN), mereka bisa mendaftar pada jalur mandiri yang diselenggarakan di UIN pada Juli nanti,” jelasnya.

Dia tambahkan, pihaknya telah bertemu dengan Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng sebagai pemegang amanah panlok 11 Aceh. “Beberapa poin yang dibicarakan antara lain tentang prinsip dan teknis pelaksaan SBMPTN 2016 di bawah panlok 11, yang diatur dalam Pedoman Operasional Baku (POB) SNMPTN-SBMPTN 2016,” jelasnya.(fit) (uri/nton/ariana/AM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id