Kuasa Hukum Tgk Muslim Ajukan Kasasi ke MA | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Kuasa Hukum Tgk Muslim Ajukan Kasasi ke MA

Foto Kuasa Hukum Tgk Muslim Ajukan Kasasi ke MA

* Terkait Sengketa PAW Anggota DPRK Pijay

MEUREUDU – Kuasa hukum Tgk Muslim (Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Pidie Jaya) Bahagia SH dan Ilham Zahri SH, Jumat (29/4), melayangkan banding (Kasasi) ke Mahkamah Agung (MA).

Kasasi itu diajukan atas putusan sela Pengadilan Negeri No.6/Pdt.G/2016/ PN-Sgi yang memutuskan bahwa Pengadilan Negeri (PN) Sigli tak berwenang mengadili sengketa Pergantian Antar Waktu (PAW) Tgk Muslim SHI selaku anggota DPRK Pijay.

“Putusan tersebut sama sekali belum menyentuh pokok perkara sengketa PAW. Akan tetapi, hanya menyangkut kewenangan mengadili pengadilan atau kompetensi relatif pengadilan,” sebut Bahagia bersama Ilham Zahri kepada Serambi, Jumat (29/4).

Sebelumnya diberitakan, majelis hakim PN Sigli menolak gugatan Anggota DPRK Pijay, Muslim SHI (Penggugat) terhadap DPP Partai Damai Aceh (PDA) dan DPW PDA Pidie Jaya, terkait PAW dirinya dari jabatan anggota dewan setempat.

Seusai sidang, Sekretaris Umum PDA Pijay, Taufik, mengatakan bahwa gugatan tersebut layak untuk ditolak. Karena proses proses pemberhentian yang dilakukan partai terhadap Tgk Muslim sudah sesuai dengan AD/ART partai dan perundang-undangan yang berlaku.

“Dengan adanya putusan ini, DPRK Pijay dapat segera menindaklanjuti pemberhentian Tgk Muslim sebagai Anggota DPRK Pijay sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” katanya dalam siaran pers yang dikirim ke Serambi, Kamis (28/4).

Namun menurut Bahagia, putusan PN tersebut belum dapat dijadikan dasar hukum untuk melakukan proses PAW terhadap Tgk Muslim. Karenanya, Sekretariat Dewan (Setwan) DPRK Pidie Jaya, tidak boleh menjadikan putusan itu sebagai dasar pijakan hukum untuk melakukan proses PAW.

“Karena putusan PN Sigli belum memiliki kekuatan hukum tetap/pasti, maka untuk menghormati proses hukum tingkat kasasi MA-RI, maka kami mohon kepada ketua atau pimpinan DPRK Pidie Jaya untuk tidak memproses permintaan PAW yang diminta oleh ketua DPW PDA sampai dengan putusan perkara ini memperoleh kekuatan hukum tetap ditingkat kasasi MA-RI,” tegas Bahagia.(c43) (uri/ngbert/atoel/EL)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id