JK Setuju PLN Aceh tak Bergantung Sumut | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

JK Setuju PLN Aceh tak Bergantung Sumut

Foto JK Setuju PLN Aceh tak Bergantung Sumut

JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres), Jusuf Kalla atau JK menyetujui peningkatan status PLN Aceh, sehingga bisa mengelola sumber daya listrik sendiri alias tak bergantung lagi ke Sumatera Utara (Sumut). Selama ini kebijakan mengenai kelistrikan di Aceh harus berinduk ke Sumatera Utara (Sumut).

Usulan peningkatan status PLN Aceh tersebut disampaikan Gubernur Zaini Abdullah dalam pertemuan pejabat teras Aceh yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh dengan Wapres di Kantor Wapres, Jakarta, Kamis (28/4).

Menurut Gubernur Zaini Abdullah, sekarang ini status PLN Aceh berada di bawah Kantor PLN Sumut, sehingga tidak memiliki kuasa apabila ingin mengelola sumber daya listrik sendiri.

Dengan peningkatan status PLN Aceh, maka PLN Aceh punya wewenang memanfaatkan sumber daya listrik yang ada di Aceh untuk kepentingan Aceh.

“Wapres setuju terhadap usulan peningkatan status PLN Aceh tersebut dan diharapkan tahun ini juga bisa terealisasi,” kata gubernur mengutip Wapres.

Dalam pertemuan itu gubernur juga menyinggung rencana pembangunan lima rumah sakit regional yang berasal dari pinjaman lunak Pemerintah Jerman.

“Semua persyaratan sudah dipenuhi. Hanya saja yang belum terjadi adalah rapat Paripurna DPRA yang menyetujui rencana tersebut,” kata Gubernur. Wapres JK lalu meminta agar masalah tersebut diselesaikan terlebih dahulu di daerah, dan mempersilakan membicarakannya dengan DPRA. (fik) (uri/ilati/sra/MU)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id