Petarung Aceh Raih Tiga Medali | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Petarung Aceh Raih Tiga Medali

Foto Petarung Aceh Raih Tiga Medali

* Kejuaraan Tarung Derajat Asean di Malaysia

BANDA ACEH – Petarung Aceh yang mewakili Indonesia berhasil meraih 1 perak dan 2 perunggu dalam Kejuaraan Tarung Derajat Asean II 2016 di Kuala Lumpur, Malaysia. Ajang yang diikuti enam negara Asia Tenggara itu berlangsung pada 26-27 April di Gedung Olahraga Titawangsa, Malaysia.

Pelatih Utama Tim Tarung Derajat Aceh, Yanyan Rahmat kepada Serambi, kemarin, melaporkan, medali perak disumbang oleh Suhermansyah, sementara perunggu oleh Kandar Hasan dan Lailatul Qadri. Padahal, Suhermansyah yang membela Indonesia (A) selangkah lagi merebut medali emas. Tapi kandas setelah di partai final kalah bersaing dengan petarung tuan rumah, Nor Zakry Amirrul. Medali perunggu di kelas 55,1-58 Kg ini diraih Tran Ho Duc Quang dari Vietnam dan Tun Lin Auang dari Myanmar.

Sedangkan Kandar Hasan meraih perunggu di kelas 67,1-70 Kg bersama A Nasrullah dari Malaysia. Medali emas di kelas ini dikuasai oleh Nguyen Co Thai dari Vietnam dan perak untuk I Nyoman Mardiana dari Indonesia (B). Medali perunggu Aceh juga disumbang oleh Lailatul Qadri di kelas 53,1-57 Kg bersama Thu Zar Han dari Myanmar. Emas di kelas ini menjadi milik Rafidah Binti Bakri dari Malaysia, dan perak Tran Ngoc Giau dari Vietnam.

Dalam even tersebut, Aceh mengirim lima petarung, yaitu Suhermansyah (kelas 55,1-58 Kg ), Ali Akbar (kelas 61,1-64 Kg), Kandar Hasan (kelas 67,1-70 Kg), Rika Handayani (kelas 45,1-49 Kg), dan Lailatul Qadri (kelas 53,1-57 Kg). Jumlah medali ini tak mencapai target semula, yaitu merebut dua medali emas, untuk mempertahankan capaian prestasi sebelumnya dalam Kejuaraan Tarung Derajat ASEAN I yang digelar 12-14 Desember 2014 di Bali.

Kala itu, Petarung Aceh, Suhermansyah dan Kandar Hasan masing-masing meraih medali emas. Dua emas ini membantu Indonesia menjadi juara umum mengumpulkan 5 emas, 2 perak, dan 3 perunggu. Merosotnya raihan medali dari petarung Aceh juga berpengaruh terhadap posisi Indonesia yang gagal mempertahankan gelar juara.(adi) (uri/inaldy/eryance/RG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id