Kuota CBT SBMPTN Ludes | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Kuota CBT SBMPTN Ludes

Foto Kuota CBT SBMPTN Ludes

* Pendaftar Baru 1.134 Orang

BANDA ACEH – Kuota Computer Based Testing (CBT) atau testing berbasis komputer untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2016 di Panitia Lokal Banda Aceh telah ludes diserbu para peserta, hanya tiga hari setelah pendaftaran SBMPTN dimulai.

Humas SBMPTN Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Dr Ilham Maulana kepada Serambi di Banda Aceh tadi malam menyebutkan, Panitia Lokal Unsyiah Banda Aceh hanya menyediakan 60 kursi untuk peserta yang ingin mendaftar melalui CBT di lokasi ini. Sisanya akan diarahkan ke ujian tulis seperti biasa atau Paper Based Testing (PBT).

Kuota CBT juga menjadi rebutan di semua tempat pelaksanaan SBMPTN di seluruh Indonesia. Penerapan sistem testing CBT tahun ini baru dilakukan pada 30 lokasi ujian saja. Salah satu lokasinya adalah Unsyiah, di mana tersedia 60 peluang peserta CBT pada Panitia Lokal Unsyiah ini.

Ke-30 perguruan tinggi yang dipilih itu, menurut Ilham, disaring berdasarkan kesiapan dan ketersediaan sumber daya untuk keperluan CBT. Namun demikian, di lokasi ujian Unsyiah juga akan dilakukan sistem ujian berbasis kertas seperti biasa (PBT).

Tahun ini, lanjut Ilham, pelaksanaan CBT hanya dimungkinkan untuk peserta pemilih jurusan sain dan teknologi (saintek) atau sosial dan humaniora (soshum) saja. Sementara pemilih campuran tidak dapat mendaftar CBT.

Pendaftaran CBT dan PBT dapat dilakukan secara online melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id hingga tanggal 20 Mei 2016 pukul 22.00 WIB. Namun, di lokasi yang kuota CBT-nya telah habis, peserta pendaftar langsung diarahkan ke PBT.

Sementara itu, hingga Kamis (28/4) sore, jumlah total pendaftar di Panitia Lokal Unsyiah telah berjumlah 1.134 orang. Sebanyak 357 orang merupakan peserta pemilih jurusan saintek dan 323 orang pemilih pilihan soshum. Sisanya, 454 orang adalah pemilih campuran. Peserta dapat memilih tiga program studi dengan berbagai variasi.

Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan, namun peserta ujian yang hanya memilih satu program studi dapat memilih program studi di PTN mana pun.

Sementara peserta ujian yang memilih dua program studi atau lebih, salah satu pilihan program studi tersebut harus di PTN yang berada dalam satu wilayah pendaftaran dengan tempat peserta mengikuti ujian. Daftar wilayah pendaftaran, program studi, daya tampung per PTN tahun 2016, dan jumlah peminat program studi per PTN tahun 2016 dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.ac.id mulai tanggal 11 April 2016. (dik) (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id