Lagi, Warga Demo PN Meulaboh | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Lagi, Warga Demo PN Meulaboh

Foto Lagi, Warga Demo PN Meulaboh

* Minta Empat Terdakwa Dibebaskan

MEULABOH – Sekitar seratusan warga Gampong Cot Mee dan Cot Rambong, Kecamatan Tadu Raya, Kabupaten Nagan Raya kemarin kembali berunjuk rasa di depan Pengadilan Negeri Meulaboh, Aceh Barat. Dalam aksinya, massa meminta majelis hakim yang menyidangkan perkara pembakaran barak PT Fajar Baizuri pada bulan Juli 2015 agar membebaskan terdakwa dari jeratan hukum. Para terdakwa yakni Asubki, Muslian, Chaidir serta Julinaidi.

Menurut pendemo keempat warga Cot Mee, Tadu Raya, Nagan Raya tersebut dinilai tidak terlibat dalam kasus tersebut. Sebab, saat barak terbakar, keempat terdakwa tidak berada di lokasi kejadian karena tiga di antaranya sedang membayar zakat fitrah di masjid hingga menjelang subuh pada malam Idul Fitri tahun 2015. Sementara seorang lainnya berada di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah.

“Bagaimana mungkin keempat warga kami bisa ditangkap dan dijadikan terdakwa. Sedangkan mereka sendiri saat kejadian tak berada di lokasi kebakaran,” teriak orator disambut gemuruh peserta aksi.

Sementara itu, dalam aksi kemarin, sejumlah ibu yang berasal dari keluarga terdakwa tampak histeris ketika melihat sejumlah anggota keluarganya diboyong polisi ke mobil tahanan seusai menjalani sidang di Pengadilan Negeri Meulaboh. “Keluarga kami tidak terlibat dalam pembakaran barak perusahaan PT Fajar Baizuri, karena saat kejadian ketiganya berada di masjid membayar zakat fitrah.

Bahkan seorang terdakwa justru tidak berada di Nagan Raya, melainkan sedang merayakan hari raya di Takengon, Aceh Tengah,” kata Nini, salah satu anggota keluarga terdakwa kepada awak media. Hingga berakhirnya aksi sekitar pukul 12.00 WIB, tak seorang pun pejabat dari pengadilan menemui massa.(edi) (uri/atih/artanto/RH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id