Lhokseumawe Bangun Lagi Pabrik Es | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Lhokseumawe Bangun Lagi Pabrik Es

  • Reporter:
  • Jumat, April 29, 2016
Foto Lhokseumawe Bangun Lagi Pabrik Es

* Pascapabrik Es di TPI Pusong Terbengkalai

LHOKSEUMAWE – Pemerintah Kota (Pemko) Lhokseumawe, tahun ini akan kembali membangun satu unit pabrik es dengan anggaran sebesar Rp 2 miliar. Pabrik es baru tersebut akan dibangun di kawasan Punteut, Kecamatan Blang Mangat.

Beberapa tahun lalu, Pemko Lhokseumawe sudah membangun pabrik es dengan kapasitas produksi 30 ton per hari di kawasan TPI Pusong, Kecamatan Banda Sakti Lhokseumawe. Namun pabrik itu terbengkalai sampai sekarang, karena asetnya sudah banyak yang dijarah.

“Kondisi pabrik es lama memang sudah rusak total. Bila kita perbaiki, anggaran yang dibutuhkan sama dengan membangun pabrik es yang baru,” kata Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Pertanian (DKPP) Kota Lhokseumawe Drs Rizal, kepada Serambi, Kamis (28/4).

Menurut Rizal, dengan kondisi aset banyak yang dijarah, maka pada tahun ini disimpulkan pabrik es dibangun di tempat baru, yakni di kawasan Blang Mangat. “Ini untuk lebih menjamin keamanan aset,” ujarnya.

Sedangkan proses pembanguan pabrik es baru ini, saat ini sudah masuk tahap perencanaan. Ditargetkan Mei sudah selesai dan langsung dilelang. “Kami targetkan tahun 2017 pabrik tersebut mulai memproduksi untuk memenuhi kebutuhan es bagi nelayan di Lhokseumawe,” kata Rizal.

Dengan anggaran sebesar Rp 2 miliar, pihaknya menargetkan pabrik tersebut bisa memproduksi 15 sampai 20 ton es batang per hari. “Tapi untuk tahun-tahun selanjutnya kita rencanakan, kapasitas produksi akan terus kita perbesar,” demikian Rizal.(bah) (uri/hon//JK)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id