Prof Ali Mustafa Yaqub, Pakar Hadis Sang Pemersatu Umat Islam | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Prof Ali Mustafa Yaqub, Pakar Hadis Sang Pemersatu Umat Islam

Foto Prof Ali Mustafa Yaqub, Pakar Hadis Sang Pemersatu Umat Islam

aceh.Uri.co.id — Hari ini, Kamis 28 April 2016, umat Islam, khususnya di Indonesia diuji dengan meninggalnya salah seorang ahli hadits kenamaan, Prof Dr KH Ali Mustafa Yaqub.

Selama beberapa tahun belakangan, KH Ali Yaqub turut aktif menyatukan kesalahan persepsi antara kelompok-kelompok Islam yang telah mencapai pada titik memprihatinkan.

Ali Mustafa Yaqub lahir di Kemiri, Batang, Jawa Tengah, pada tanggal 2 Maret 1952 M, dari sebuah keluarga yang taat menjalankan agama. Domisili terakhir di Jl SD Inpres No 11 RT 002 RW 09 Pisangan Barat, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.

Pendidikan

Pendidikan Ali Musthafa Yaqub mulai dari SD sampai SMP, semua dijalani di Batang kota kelahirannya. Setelah tamat SMP minatnya untuk belajar agama mulai tumbuh. Di usianya yang masih muda, ia pergi ke sebuah pesantren di Seblak, Jombang untuk belajar agama sampai tahun 1969.

Kemudian nyantri lagi di Pesantren Tebu Ireng, Jombang sampai tingkat Fakultas Syari’ah Universitas Hasyim Asy’ari sampai awal tahun 1976. Pada tahun itu juga ia kuliah di Fakultas Syari’ah Universitas Muhammad ibnu Saud sampai tahun 1985, kemudian mengambil Master di Universitas yang sama pada Jurusan Tafsir dan Ilmu Hadits.

Berikut riwayat pendidikan KH Ali Musthafa Yaqub: (uri/nton/ariana/AM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id