Syarat Dukungan Paslon Independen Diserahkan 3-7 Agustus | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Syarat Dukungan Paslon Independen Diserahkan 3-7 Agustus

Foto Syarat Dukungan Paslon Independen Diserahkan 3-7 Agustus

* Bupati/Wali Kota 6-10 Agustus

BANDA ACEH – Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Ridwan Hadi SH, menginformasikan, penyerahan syarat dukungan pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur dari jalur perseorangan/independen kepada KIP Aceh pada tanggal 3-7 Agustus 2016.

Sedangkan penyerahan syarat dukungan untuk paslon bupati/wakil bupati, wali kota/wakil wali kota dari jalur perseorangan ke KIP kabupaten/kota dilakukan pada 6-10 Agustus 2016.

Informasi tersebut disampaikan Ridwan Hadi untuk melengkapi kekurangan informasi yang disampaikan KIP Aceh ke harian ini beberapa hari lalu. Dalam berita sebelumnya, tidak tercantum kapan penyerahan syarat dukungan terhadap paslon gubernur dari jalur independen.

Dia mengatakan, penetapan jadwal tersebut sesuai dengan Pertauran Komisi Pemilihan Umum (PKPU) RI Nomor 3 Tahun 2016 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2017. “Nantinya, KIP akan memverifikasi syarat dukungan tersebut,” katanya kepada Serambi, Rabu (27/4).

Tahapan selanjutnya, tambah Ridwan Hadi, adalah pendaftaran paslon, baik dari independen maupun partai politik, yang dilangsungkan pada 19-21 September 2016.

Semua paslon juga akan dites kesehatan pada 19-25 September 2016. Sedangkan jadwal penetapan paslon pada 22 Oktober 2016 dan dilanjutkan dengan pengundian dan pengumuman nomor urut paslon pada 23 Oktober 2016.

“Sementara masa kampanye akan dilangsungkan pada 26 Oktober 2016-11 Februari 2017. Sedangkan pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 15 Februari 2017, dan pengumuman hasil perhitungan suara pada 15-21 Februari 2017,” katanya.

Untuk jadwal penetapan paslon bupati dan wakil bupati atau calon wali kota dan wakil wali kota terpilih tanpa permohonan Persilisihan Hasil Pemilihan (PHP), dilaksanakan pada 8-10 Maret 2017. Sedangkan penetapan paslon gubernur dan wakil gubernur terpilih pada 10-12 Maret 2017.

“Sedangkan jadwal sengketa PHP akan mengikuti jadwal dalam peraturan Mahkamah Konstitusi (MK). Kemudian, jadwal penetapan pasangan calon terpilih pascaputusan MK akan diumumkan paling lama tiga hari setelah penetapan putusan MK dibacakan,” kata Ridwan.

Ketua KIP Aceh ini juga menjelaskan bahwa selain menggunakan tahapan dan jadwal yang ditetapkan KPU, khusus untuk Aceh ada penambahan dua tahapan lainnya.

Dua tahapan dimaksud yaitu; setiap kandidat diwajibkan mengikuti uji mampu baca Alquran, dan pemberitahuan dari DPRA tentang berakhirnya masa jabatan kepala daerah.

Kendati sudah keluar PKPU Nomor 3 Tahun 2016, untuk pelaksanaan pilkada di Aceh tetap mengacu pada Qanun Pilkada. “Tapi apabila tahapan pelaksanaannya tidak diatur di dalam qanun, maka kita akan menggunakan undang-undang nasional dan PKPU,” imbuh Ridwan Hadi.(mas) (uri/wi/ovi/ovianti/DNN)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id