Mosa Juara II Debat Melayu | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Mosa Juara II Debat Melayu

Foto Mosa Juara II Debat Melayu

BANDA ACEH – Tim SMA Negeri Modal Bangsa (Mosa) Aceh Besar meraih juara kedua Debat Maktab Rendah Sains Mara (MRSM) Se-Malaysia ASEAN/SBP. Acara itu berlangsung di Perak, Malaysia, 21-25 April 2016. Tim Mosa terdiri atas Ayuli Serlia, Siti Farah Mutia, Siti Alya Fahlena, dan M Rifqi Jundullah. Keberangkatan empat siswa itu didampingi gurunya, Michael Tianame SPd.

Michael Tianame kepada Serambi, Rabu (27/4) mengatakan, debat Melayu itu merupakan pengalaman pertama bagi siswa Mosa. “Biasanya, kami ikut debat bahasa Inggris. Anggota tim yang bertanding di Malaysia adalah anggota klub debat bahasa Inggris,” kata Michael seraya menyatakan peserta hanya dibekali pengetahuan bahasa Melayu selama tiga hari.

Menurutnya, kompetisi itu diikuti 52 tim dan setiap tim wajib bertanding 6 kali. Setelah bertanding 6 kali, lanjut Micheal, tim peringkat 1-16 masuk ke babak eliminasi (berlaku sistem gugur). “Setelah menang pada 6 penampilan pertama, kami secara berturut-turut menang hingga ke babak final melawan MRSM Tun Ghafar Baba (TGB), salah satu MRSM terbaik di Malaysia,” jelas Michael.

Dikatakan, awalnya tim Mosa hanya ingin berpartisipasi saja pada even itu. “Namun, hasilnya menggembirakan. Siswa sudah terlatih dengan metode debat bahasa Inggris yang didapat di English Club,” ujar pria yang juga pelatih di Mosa English Debate Club tersebut.

Ditambahkan, setiap pertandingan memiliki topik berbeda. Peserta diuji bagaimana cara memberi gagasan dan mempertahankannya. “Saya rasa panitia fokus pada ide dan argumen. Bukan seberapa bagus bahasa melayu, tapi seberapa keras usaha siswa memberikan ide dan argumen,” kata Michael.

Kepala SMAN Modal Bangsa, Dr Anwar Amin kepada Serambi, kemarin mengatakan, hasil yang diraih siswa-siswinya di luar dugaan. Dikatakan, pihaknya ikut debat Melayu itu atas undangan SRMS, yayasan yang menaungi 250 sekolah di Malaysia.

“Sebulan lalu, siswa sekolah dari Malaysia study tour ke Mosa. Hubungan itu berlanjut hingga mereka mengundang kami ikut kompetisi tersebut,” kata Anwar.

Menurutnya, kemampuan bahasa Melayu keempat siswa yang mewakili Mosa ke even tersebut pas-pasan. Tapi, mereka merupakan anggota aktif Mosa English Debating Club–komunitas pencinta debat bahasa Inggis di Mosa. “Kami bangga dengan siswa yang bisa berargumen tentang isu internasional. Alhamdulillah hasil yang dicapai ini membanggakan,” jelasnya.(fit) (uri/aufik/arahdiba/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id