Berapa Kali Normalnya Seseorang Buang Air Kecil dalam Sehari? | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Berapa Kali Normalnya Seseorang Buang Air Kecil dalam Sehari?

Foto Berapa Kali Normalnya Seseorang Buang Air Kecil dalam Sehari?

aceh.Uri.co.id – Apakah Anda merasa lebih sering bangkit dari meja kerja untuk ke toilet dibandingkan rekan lainnya? Atau mungkin Anda tipe orang yang jarang buang air kecil meski sudah minum cukup banyak?

Pola buang air kecil pada setiap orang memang tidak tetap dan bervariasi. Namun, sebenarnya adakah ukuran normal frekuensi buang air kecil seseorang?

“Kebanyakan orang buang air kecil empat sampai lima kali dalam sehari. Namun, tak ada angka pasti,” kata Dr Neil Grafstein, asisten profesor urologi dari Mount Sinai Hospital, New York, AS.

Ia menjelaskan, frekuensi kencing seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor, selain kecukupan cairan tubuh.

Kafein dan alkohol adalah cairan yang bersifat iritan pada kandung kemih sehingga jika kedua minuman itu kita asup, maka kita akan lebih sering kecing.

“Sensitivitas kandung kemih juga berpengaruh. Sebagian orang merasa ingin buang air kecil saat kandung kemih mulai terisi, sementara yang lain baru merasa ada ‘panggilan’ ke toilet saat kandung kemih sudah terisi penuh,” katanya.

Sebenarnya, kita juga bisa melatih kandung kemih selama tidak ada masalah dengan menahan buang air kecil. Cara melatihnya adalah dengan menunda kencing sampai ada keinginan kuat (kebelet).

“Rasa ingin buang air kecil tidak selalu harus direspons segera,” ujarnya.

Walau demikian, jangan menahan kencing terlalu lama karena dapat meningkatkan risiko infeksi. (uri/gie/iyadie/OR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id