Dua Rumah di Sigli Terbakar | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Dua Rumah di Sigli Terbakar

Foto Dua Rumah di Sigli Terbakar

* Satu Keluarga Mengungsi

SIGLI – Dua unit rumah di Gampong Blang Asan, Kota Sigli, terbakar pada Rabu (27/4) pukul 02.30 WIB dinihari, mengakibatkan dua keluarga (KK) yang terdiri dari 11 jiwa termasuk cucu pemilik rumah, kehilangan tempat tinggal. Menjelang malam, satu keluarga korban memutuskan untuk mengungsi ke rumah saudara mereka yang terletak tak jauh dari lokasi kebakaran. Sedangkan satu rumah lainnya yang hanya terbakar bagian atap dan dindingnya, langsung diperbaiki seadanya oleh warga, agar bisa ditempati mulai tadi malam.

Kedua rumah terbakar ini masing-masing milik Syahbuddin Azis, mantan Asisten Pemerintahan Setdakab Pidie, yang ludes jadi abu. Lalu, rumah milik HM Yunus yang membuka usaha rias pengantin, dengan kondisi terbakar 40 persen.

Api diduga berasal dari rumah lima kamar milik Syahbuddin Aziz, yang ditempatinya bersama istri, anak, menantu dan cucunya. Api kemudian merambat ke rumah HM Yunus, yang sempat membuat panik selurh warga gampong tersebut.

Keuchik Gampong Blang Asan, Tgk M Yusuf mengatakan, hingga Rabu (27/4) siang pukul 13.30 WIB, belum ada bantuan dari Pemkab Pidie. “Bantuan masa panik yang diterima korban, baru dari warga setempat yang bersimpati. Sedangkan dari Pemkab belum ada. Padahal, satu keluarga yang rumahnya musnah terbakar sangat membutuhkan pakaian dan tempat tinggal sementara untuk berlindung pada malam hari. Apalagi dalam keluarga tersebut terdapat sejumlah anak-anak yang terguncang jiwanya atas musibah ini,” katanya.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pidie, Dewan Ansari mengatakan, peristiwa kebakaran itu terjadi, Rabu (27/4) pukul 02.30 WIB dinihari. “Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Armada Damkar tiba ke lokasi 15 menit sejak menerima laporan, dan baru berhasil dipadamkan menjelang subuh, atau dua jam pascakejadian,” katanya.

Jajaran Kodim 0102/Pidie, Rabu (27/4) siang, langsung menyalurkan bantuan masa panik berupa bahan makanan untuk dua keluarga korban kebakaran di Gampong Blang Asan, Kecamatan Kota Sigli ini.

Dandim 0102/Pidie, Letkol Inf Usik Samwa Parana melalui Danramil 21/Kota Sigli, Pidie, Lettu (Inf) Irwan mengatakan, pihaknya langsung turun ke lokasi begitu mendengar adanya laporan kebakaran, untuk membantu pemadaman api dan penyaluran bantuan masa panik.

“Bantuan yang kami berikan hanya cukup untuk beberapa hari saja, dan kami berharap pihak lainnya turut membantu meringankan beban keluarga yang tertimpa musibah ini,” ajaknya.(c43) (uri/nton/ariana/AM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id