Polri: Bergabungnya Etnis Uighur dengan Kelompok Santoso karena Kesamaan Ideologi | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Polri: Bergabungnya Etnis Uighur dengan Kelompok Santoso karena Kesamaan Ideologi

Foto Polri: Bergabungnya Etnis Uighur dengan Kelompok Santoso karena Kesamaan Ideologi

aceh.Uri.co.id, JAKARTA – Kepala Divisi Humas Polri Brigjen Pol Boy Rafli Amar menganggap bangsa Uighur tertarik bergabung dengan kelompok Santoso karena kesamaan ideologi.

“Pada prinsipnya mereka merasa sejalan dengan perjuangan yang dilakukan. Dan kemudian mereka bersimpati dengan kelompok ini, padahal mereka orang luar,” ujar Boy di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (27/4/2016).

“Bisa jadi ada kesamaan ideologi dalam perjuangan dan mereka menganggap bagian dari mereka sendiri,” kata Boy.

Boy memperkirakan etnis Uighur mulai bergabung dengan kelompok Santoso sejak 2013. Saat itu, sejumlah anggota Santoso dari Uighur juga tertangkap oleh satuan tugas yang memburu Santoso.

Namun, sepanjang 2016, tercatat empat orang sudah ditangkap dan satu lagi tewas ditembak. 

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) tetap mewaspadai kelompok dari suku Uighur asal Tiongkok yang sudah masuk ke Indonesia.

“Perlu diwaspadai. Sementara yang terdeteksi kan hanya delapan orang yang bergabung dalam kelompok Santoso, sudah dilakukan proses penahanan, penangkapan yang dilakukan oleh pihak jajaran kepolisian,” kata Brigjen Pol Herwan Chaidir, Deputi I Bidang Perlindungan BNPT.

Setelah beberapa orang dari etnis Uighur itu ditangkap, diharapkan tidak ada lagi yang melakukan hal sama di Indonesia. (*) (uri/aufik/arahdiba/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id