Sabang Marine Festival II Dibuka | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Sabang Marine Festival II Dibuka

Foto Sabang Marine Festival II Dibuka

* 15 Kapal Layar Asing Tiba di Sabang

SABANG – Sabang Marine Festival (SMF) II tahun 2016 dibuka Penasehat Menteri Pariwisata RI, Indroyono Susilo, Selasa (26/4) sore di Arena Sabang Fair. Pembukaan SMF itu ditandai dengan pemukulan rapai oleh Penasehat Menteri Pariwisata Indroyono Susilo, Sekda Aceh Dermawan dan Kepala BPKS Fauzi Husein.

Indroyono mengatakan, atas nama Menteri Pariwisata menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Aceh, Pemko Sabang dan BPKS atas upaya pelaksanaan SMF 2016. Pelaksanaan SMF yang ke dua kali ini merupakan implementasi dari kebijakan Presiden Joko Widodo mengenai lima program perioritas pembangunan Indonesia lima tahun ke depan, salah satunya adalah pariwisata, lebih khusus lagi wisata bahari.

Dalam program wisata ini telah digariskan tiga kebijakan baru, pertama kebijakan bebas visa untuk 166 negara. Jadi wisatawan dari 166 negara itu bisa langsung berkunjung dan menjajakan dolar, euro ke kepada masyarakat Indonesia, Aceh, dan ke Sabang.

Kebijakan ke dua dipermudahnya perizinan kapal-kapal layar (Yacht), dan kebijakan ketiga mempermudah kedatangan kapal-kapal cruise atau kapal-kapal wisata. Ditambah keindahan diving site Sabang, membuat wilayah ini menjadi tujuan menarik untuk bidang bahari.

Sehubungan dengan itu, Indroyono mengajak semua untuk sama-sama mengimplementasikan kebijakan nasional ini untuk pelaksanaan pengembangan wisata di Kota Sabang ini. Banyaknya kapal-kapal cruise yang datang ke Sabang menandakan Pulau Weh sudah kembali seperti masa kejayaannya abad yang lalu, yaitu tempat-tempat persinggahan kapal-kapal penumpang dari Eropa menuju Asia.

Sementara Kepala BPKS, Fauzi Husein, melaporkan bahwa sejak tiga hari ini kapal layar terus berdatangan ke Sabang. Bahkan hingga Selasa sore kemarin sudah 15 unit dari 20 kapal bertiang tinggi itu tiba dan berlabuh di Teluk Sabang.

Kapal-kapal Yacht itu yang sudah tiba itu berbendera Amerika, Jerman, Inggris, Aprika Selatan, Malaysia dan juga ada berbendera Australia. “Kedatangan kapal-kapal layar itu ke Sabang dalam rangka ikut serta untuk memeriahkan SMF,” ujar Fauzi Husein.

Kegiatan SMF ini merupakan bagian dari promosi wisata bahari, memperkenalkan potensi kelautan dan keindahan Sabang pada dunia internasional. Serta memperkenalkan dermaga “Marina Lhok Weng” kepada komunitas pelayar dunia.(az) (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id