Ketua PN/Tipikor Banda Aceh Lantik Hakim Ad Hoc Tipikor | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Ketua PN/Tipikor Banda Aceh Lantik Hakim Ad Hoc Tipikor

Foto Ketua PN/Tipikor Banda Aceh Lantik Hakim Ad Hoc Tipikor

BANDA ACEH – Ketua Pengadilan Negeri (PN)/Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Banda Aceh, Sulthoni SH MH melantik Dr Edwar SH MH sebagai hakim ad hoc pada Pengadilan Tipikor Banda Aceh. Prosesi pelantikan di ruang sidang PN Banda Aceh, Selasa (26/4).

Dengan dilantiknya Edwar, saat ini sudah ada empat hakim ad hoc pada Pengadilan Tipikor Banda Aceh. Tiga hakim ad hoc lainnya adalah Syaiful Has’ari SH, Zulfan efendi SH, dan Hamidi Djamil SH.

Sulthoni dalam sambutannya mengatakan, setiap putusan Pengadilan Tipikor sering menjadi perhatian publik. Hal ini disebabkan karena perkara korupsi dianggap sebagai kejahatan luar biasa dan dilakukan oleh orang-orang yang mendapatkan amanah dari negara.

“Karena itu, masyarakat pada umumnya menaruh harapan besar terhadap out put putusan tipikor. Untuk itu, saudara diminta supaya bisa berwibawa dalam menjalankan tugas,” katanya di hadapan para hakim dan pegawai PN dan Tipikor Banda Aceh.

Menurutnya, hukum akan berwibawa apabila penegak hukum itu sendiri memihak pada kebenaran dan rasa keadilan pada saat mengambil keputusan. Tapi, hukum itu akan melukai rasa keadilan, apabila putusan hakim tidak berdasarkan fakta.

“Hal ini bisa menghilangkan kepercayaan masyarakat terhadap penegak hukum itu sendiri. Karena itu, pelajari dengan sungguh-sungguh tupoksi dan regulasi yang berkaitan dengan tugas saudara,” pinta Sulthoni kepada Edwar yang sebelumnya bertugas sebagai dosen pada salah satu universitas swasta di Bengkalis. (mas) (uri/homas/ebriani/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id