Kasus Listrik Terbanyak Dilaporkan ke Ombudsman | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Kasus Listrik Terbanyak Dilaporkan ke Ombudsman

Foto Kasus Listrik Terbanyak Dilaporkan ke Ombudsman

PIMPINAN Ombudsman RI Perwakilan Aceh, Ahmad Suaedy mengungkapkan permasalahan listrik, PDAM, dan BPJS terbanyak dilaporkan oleh masyarakat ke pihaknya selama ini.

Ahmad Suaedy mengatakan itu pada diskusi publik bertema “Wajah Pelayanan Publik di Aceh Triwulan I 2016” di Banda Aceh, Minggu (24/4). Diskusi menghadirkan narasumber T Novrizal Aiyub (Direktur PDAM Tirta Daroy Banda Aceh), Said Mukarram (Deputi Manajer Humas dan Hukum PLN Aceh), dan M Yani (Kepala Dinas Kesehatan Aceh). Diskusi dihadiri akademisi, politisi, dan aktivis.

“Selama ini Ombudsman memang tidak ada wewenang untuk menghakimi atau memberi sanksi terhadap lembaga yang dilaporkan oleh masyarakat. Karena kami lembaga netral yang bertugas menerima laporan dan menyelesaikan dengan mediasi,” ujarnya.

Ke depan, lembaga ini sedang mengusulkan agar ada perubahan regulasi. Sehingga Ombudsman dapat berperan lebih besar dalam menyelesaikan masalah masyarakat. Misalnya dengan mengandeng lembaga pengadilan untuk memberi sanksi terhadap lembaga publik yang mengabaikan pelayanan.

Akademisi Fakultas Hukum Unsyiah, Mawardi Ismail yang menjadi peserta diskusi mengatakan, selama ini mekanisme penyelesaian pelaporan hanya mediasi dan publikasi di surat kabar. Ke depan ia menyarankan agar regulasi tentang wewenang Ombudsman harus direvisi agar dapat mengambil kebijakan serius dalam penyelesaian masalah.(mun) (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id