850 Siswa Bertarung di O2SN SMA | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

850 Siswa Bertarung di O2SN SMA

Foto 850 Siswa Bertarung di O2SN SMA

BANDA ACEH – Sebanyak 850 siswa SMA se-Aceh bertarung untuk memperebutkan delapan gelar juara pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tahun 2016. Even tingkat pelajar tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Hasanuddin Darjo MM, Minggu (24/4) malam.

Dalam sambutannya, Hasanuddin Darjo meminta, para siswa untuk memberikan prestasi maksimal pada even terbesar untuk siswa SMA se-Aceh tersebut.

“Aceh sangat membutuhkan atlet berprestasi yang mampu mengharumkan nama Tanah Rencong di even-even nasional dan internasional. Dan prestasi olahraga Aceh ke depan sangat tergantung pada peserta O2SN hari ini,” kata Hasanuddin Darjo.

O2SN ini, katanya, harus mampu melahirkan atlet-atlet legendaris yang disegani di tingkat nasional. Untuk itu, Pemerintah Aceh selain telah memiliki SMA Plus Olahraga, SMA Negeri 9 Banda Aceh, pada tahun 2016 ini juga akan kembali dibangun SMA Berkebakatan Olahraga.

“Pembangunan sekolah yang diperkirakan menghabiskan dana sebesar Rp 80-an miliar itu akan mendidik siswa berbakat dalam 18 cabang olahraga,” kata Hasanuddin Darjo pada acara yang juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Banda Aceh, Syaridin MPd tersebut.

Untuk memacu semangat siswa agar tak pernah takut gagal dalam berprestasi, Kepala Dinas Pendidikan membacakan sebuah puisi dari Distikon. “Berkali kita gagal// Ulangi lagi dan cari akal. Berkali-kali kita jatuh// Kembali berdiri jangan mengeluh,” ucapnya dengan puitis. Puisi yang hanya dua bait itu ternyata mendapat aplus dari para siswa, pelatih, dan 127 wasit juri.

Sementara itu, Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMA tingkat Provinsi Aceh mempertandingkan delapan cabang olahraga. Juara setiap cabor akan mewakili Aceh ke lomba O2SN tingkat nasional.

Cabang-cabang olahraga yang dipertandingkan meliputi atletik, renang, bulutangkis, tenis meja, catur, pencak silat, karate, dan bola voli. Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Aceh, Hamdizal mengatakan, sebanyak 850 siswa dari 23 kabupaten/kota akan bertarung mulai 24-27 April di sejumlah tempat. Ada di Stadion Harapan Bangsa, lapangan SMKN 123, Kolam Renang Tirta Raya, GOR Pango, Hotel Lading, dan Hotel Grand Aceh Syariah.(sir) (uri/ngbert/atoel/EL)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id