Pantai Pasie Saka Ditutup | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pantai Pasie Saka Ditutup

Foto Pantai Pasie Saka Ditutup

CALANG – Pantai Pasie Saka di kawasan Sampoiniet, Aceh Jaya, sejak Sabtu (23/4) ditutup warga setempat. Penutupan itu disinyalir karena ada pengunjung yang menjadikan kawasan itu sebagai tempat maksiat, di samping faktor keamanan yang tidak terjamin dan hingga kini belum ada pengelolanya secara khusus.

“Kawasan Pantai Pasie Saka ini belum terkonsep dengan baik pengelolannya dan faktor keamanannya pun belum terjamin. Kita tentu masih ingat, baru-baru ini tiga pengunjung Pantai Saka tewas tenggelam dihantam gelombang besar,” kata Keuchik Mata Ie, Kecamatan Sampoiniet, Muntasir, kepada Serambi, Minggu (24/4). (VIDEO Indahnya Pasie Saka)

Ia tambahkan, Pantai Pasie Saka masuk dalam kawasan Mata Ie yang berbatasan dengan Desa Jeumphek. Untuk saat ini, masyarakat Mata Ie sudah tak berada lagi di kawasan itu karena telah direlokasi pascatsunami dulu. “Saat ini hanya tinggal masyarakat Jeumphek di daerah itu yang selama ini ikut mengawasi pantai.” ujarnya.

Disebutkan juga bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan tokoh agama di daerah Sampoiniet menyangkut Pantai Pasie Saka, sehingga hadirin berkesimpulan untuk menutupnya sementara waktu.

“Untuk dibuka kembali kita akan tunggu koordinasi berikutnya dengan muspika dan dinas terkait di kabupaten,” jelas Muntasir. Sementara itu, Keuchik Jeumphek Taufik menyebutkan, warganya selama ini hanya sekadar “penunjuk arah” bagi para pengunjung ke Pasie Saka, sebab di Mata Ie sudah tak ada lagi warga di sana karena sudah direlokasi. “Untuk menutup atau membuka itu kewenangan Keuchik Mata Ie,” jelas Taufik.

Nazaruddin, salah satu tokoh setempat mengatakan, kebijakan masyarakat dan Keuchik Mata Ie menutup Pantai Pasi Saka ada baiknya. Ia beralasan, daerah itu belum adanya penataan dan pengelolaan dari pemerintah, termasuk aparat desa, sehingga sangat memungkinakan terjadinya pelanggaran syariat Islam dan keamanan yang tidak bisa terjamin saat ini.

Dia berharap agar kawasan Pantai Pasie Saka yang memiliki panorama yang indah itu hendaknya menjadi perhatian khusus Pemerintah Aceh Jaya, untuk dikelola secara terkonsep, sehingga nantinya bisa berjalan dengan baik. (c45) (uri/nton/ariana/AM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id