Longsor, 13 Tiang PLN Tumbang | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Longsor, 13 Tiang PLN Tumbang

Foto Longsor, 13 Tiang PLN Tumbang

* Listrik Dua Kecamatan Padam

LHOKSEUMAWE – Sebanyak 13 tiang listrik milik PLN yang sisi Jalan Nasional Medan-Banda Aceh, tepatnya di kawasan Desa Dayah Teungku, Kecamatan Syamtalira Aron, Aceh Utara, Minggu (24/4) dini hari, tumbang. Akibatnya, aliran listrik ke ribuan pelanggan di dua kecamatan, yakni Syamtalira Aron dan Tanah Pasir, padam.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Serambi, sejak sore hingga tengah malam, kawasan tersebut diguyur hujan lebat. Sehingga tanah sekitar lokasi tiang tersebut longsor. Awalnya, diperkirakan hanya satu tiang yang tumbang akibat tanah longsor. Namun, karena tertarik oleh kabel, belasan tiang lainnya ikut roboh.

Ada tiang yang tumbang ke samping jalan, dan ada juga yang tumbang ke atas badan jalan. Sehingga jalan di kawasan itu hanya satu jalur yang bisa dilalui oleh kendaraan yang melintas. Sehingga tidak jarang mobil yang jalan beriiringan panjang harus antre, meskipun tidak sampai menimbulkan kemacetan panjang.

Humas PT PLN Area Lhokseumawe, H Ali Basyah, menyebutkan, sekitar pukul 01.19 WIB, pihaknya mengetahui adanya gangguan di penyulang LW-5 dan LW 6. “Sehingga kami pun langsung melakukan pengecekan,” katanya.

Setelah mengetahui adanya kejadian tersebut, malam itu juga petugas diturunkan ke lokasi, di samping melakukan manuver beban untuk memperkecil wilayah yang mengalami pemadaman. “Namun begitu, setelah kita lakukan manuver beban, aliran listrik ke 2.750 pelanggan di Kecamatan Syamtalira Aron dan Tanah Pasir tetap padam,” urainya.

Selain itu, akibat tumbangnya 13 tiang tersebut, pihak PLN mengalami kerugian, diantaranya 10 tiang ukuran 11 meter patah dan retak, cross arm delapan batang, pin isolator 16 buah, suspension isol empat set, serta sejumlah asesoris lainnya.

Ditambahkan Ali Basyah, setelah mengetahui kejadian tersebut, pihaknya langsung menugaskan tim untuk melakukan perbaikan. Ditargetkan, perbaikan jaringan selesai dikerjakan pada Minggu sore. Namun hingga berita ini diturunkan sore kemarin, proses perbaikan masih berlangsung dan listrik di kedua kecamatan tersebut masih padam.(bah) (uri/gie/iyadie/OR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id