PDIP Aceh Jaring Balon Kandidat | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

PDIP Aceh Jaring Balon Kandidat

Foto PDIP Aceh Jaring Balon Kandidat

BANDA ACEH – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Aceh melakukan penjaringan bakal calon (balon) kepala daerah untuk diusung dan didukung pada pilkada 2017. Penjaringan itu dilakukan melalui fit and proper test (uji kepatutan dan kelayakan) dan survei oleh internal partai tersebut.

Ketua DPD PDIP Aceh, Karimun Usman, kepada wartawan, Sabtu (23/4), mengatakan, penjaringan tersebut diikuti oleh 28 balon bupati dan wali kota plus dua balon gubernur Aceh. Selain itu, ada juga 12 balon bupati dari Kabupaten Tebing Tinggi dan Kabupaten Tapanuli Tengah Provinsi Sumatera Utara yang mengikuti tes melalui Aceh.

“Untuk fit and proper test dilakukan langsung oleh 11 tim penguji independen dari Universitas Indonesia (UI) dan dua orang dari DPP PDIP. Tes tersebut berlangsung selama dua hari (Sabtu-Minggu, 23-24/4), di Hotel Sultan, Banda Aceh,” kata Karimun didampingi Ketua Panitia, Drs T Sulaiman Badai dan Sekretaris, Rifki Tajuddin.

Karimun menjelaskan, setelah melakukan fit and proper test, pihaknya kemudian akan melakukan survei terhadap kandidat yang lolos dari tes tahapan pertama. Survei itu akan dilakukan oleh internal partai untuk melihat tingkat keterpilihan dan ketokohan seorang balon dalam masyarakat sebelum dipilih kandidat yang didukung atau diusung.

“Penjaringan ini terbuka untuk umum. Kita nantinya akan memilih kandidat yang akan diusung dan didukung pada pilkada mendatang. Kita tidak hanya melihat kader, kita membuka kesempatan kepada umum yang bisa memimpin daerah,” ujarnya.(mas) (uri/gie/iyadie/OR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id