Laut Tawar Harus Jadi Tujuan Wisata Menarik | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Laut Tawar Harus Jadi Tujuan Wisata Menarik

Foto Laut Tawar Harus Jadi Tujuan Wisata Menarik

TAKENGON – Danau Laut Tawar di Kabupaten Aceh Tengah dinilai sebagai tujuan wisata paling menarik, karena terletak di tengah-tengah kota. Kabid Pemasaran dan Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata Aceh, Amiruddin Cut menyatakan danau menjadi alasan warga berkunjung. “Seandainya Aceh Tengah tidak punya danau, sulit mencari alasan untuk mengunjungi wilayah ini,” ujar Amiruddin.

Menurut dia, Danau Laut Tawar merupakan salah satu anugerah yang dimiliki Provinsi Aceh. Dia berharap, dalam perhelatan Rakor IMT-GT yang akan dilaksanakan waktu dekat ini, seharusnya digelar festival danau Laut Tawar.

“Letaknya 1.200 meter dari permukaan laut, berhawa sejuk, dikelilingi perbukitan yang ditumbuhi pohon pinus, dan petani yang menghasilkan kopi Arabika terbaik dunia. Saya kira sudah waktunya ‘Gayo Go International.” harapnya.

Meski sudah diusulkan, dunia kepariwisataan di Aceh Tengah tidak serta merta mengalami peningkatan apalagi booming. “Semua butuh waktu dan proses, akan tetapi seiring waktu, jika festival tahunan Danau Laut Tawar digelar, maka akan mampu mendatangkan wisatawan dalam jumlah besar,” klaimnya.

Dia mengatakan festival tahunan itu dikemas dengan nama “Lut Tawar International Festival” dengan target meningkatkan kunjungan wisatawan. “Usulan telah disampaikan ke Kementerian Pariwisata dan diterima oleh seorang Deputi dalam rakor tindak lanjut pertemuan IMT-GT”, ujar Amiruddin di Palembang Sumatera Selatan pada 19 April 2016.

Sekedar informasi, IMT-GT merupakan singkatan Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle yang merupakan kerja sama ekonomi antara wilayah Indonesia bagian barat, sebagian semenanjung Malaysia dan Thailand bagian selatan.

Menurut dia, festival akan melibatkan banyak kegiatan, mulai dari pacuan kuda tradisional, agrowisata, hingga research arkeologis ke gua Ujung Karang. Melalui festival tahunan, wisatawan yang berkunjung ke Gayo dengan leluasa dapat menikmati semua objek wisata.

“Aceh Tengah punya banyak destinasi wisata yang layak jual ke masyarakat internasional. Tinggal kita lagi, bagaimana agar wisatawan mau meluangkan waktu untuk mengunjungi semua objek wisata yang ada,” jelasnya. Khusus agrowisata, Amiruddin menitikberatkan pada kopi Arabika Gayo yang sudah mendunia.

“Kita tahu kalau kopi Gayo mulai mendapat pengakuan, tapi alangkah indahnya jika dalam even tersebut kita persilahkan para penikmat menikmati kopi langsung di tempat asalnya”. Jika disetujui, Amiruddin optimis Lut Tawar International Festival akan mampu menyedot wisatawan dalam jumlah besar, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.(muh/rel) (uri/atih/artanto/RH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id