Tujuh Kapal Layar Berbagai Negara Ikuti Sabang Marine Festival 2016 | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Tujuh Kapal Layar Berbagai Negara Ikuti Sabang Marine Festival 2016

Foto Tujuh Kapal Layar Berbagai Negara Ikuti Sabang Marine Festival 2016

aceh.Uri.co.id, SABANG – Menjelang hari pembukaan Sabang Marine Festival yang akan berlangsung pada Hari Selasa, 26 April 2016, sedikitnya tujuh kapal layar wisata (Yacht), Sabtu (23/4/2016) mulai tiba di Pelabuhan Sabang.

Peserta langsung melakukan proses registrasi dengan tim CIQP (Karantina, Bea dan Cukai, Imigrasi serta Syahbandar-red).

Kepala Unit Manajemen Pelabuhan BPKS, Zulkarnaini Abdulah dalam siaran pers yang diterima Serambi, Sabtu sore mengatakan, hingga Pukul 17.00 WIB, sudah tujuh kapal dari berbagai negara tiba di teluk Sabang.

“Ketujuh kapal tersebut masing-masing, Jenain, Aku Ankka, Spailpin, Morning Star, Bernacle C, Swift dan Thorfinn,” ujar Kepala Unit Manajemen Pelabuhan BPKS, Zulkarnaini Abdulah.

Dikatakan, ketujuh kapal tersebut masing-masing berasal dari Afrika Selatan, Amerika, Malaysia, British, Australia, Thailand dan Inggris.

“Kedatangan mereka ini dalam rangka mengikuti Sabang Marine Festival 2016 yang diselenggarakan oleh Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS), yang akan berlangsung sejak tanggal 24-30 April mendatang,” jelasnya.

Ketua Panitia Sabang Marine Festival, Fauzi Daud mengatakan, kedatangan peserta dijadwalkan sejak tanggal 21-26 April, dan kemarin sudah tujuh kapal yang tiba.

“Kita perkirakan jumlah ini akan terus bertambah. Kita tunggu kedatangan kapal-kapal lain, minimal 20 peserta sudah konfirmasi dan mereka akan tiba dalam beberapa hari ini sebagaimana yang telah dijadwalkan,” ujar Ketua Panitia Fauzi Daud.

Menyangkut dengan rangkaian kegiatan, Fauzi menjelaskan kegiatan Sabang Marine Festival akan dirangkai dalam berbagai kegiatan seperti Fun Bike aneka perlombaan.

Mulai dari jalan santai, lomba melukis, lomba pameran dan foto, serta aneka perlombaan rakyat seperti mancing, dayung, permainan rakyat (bakiak, balap karung, tarik tambang, panjat pinang-red).

“Semua kegiatan ini akan dilaksanakan sejak tanggal 24-30 April mendatang. Kita harapkan para peserta dari luar negeri ini dapat berbaur dengan masyarakat untuk mengikuti lomba-lomba rakyat yang kita laksanakan,” harapnya.

Selain itu, event ini juga menampilkan atraksi para motor layang yang di lakukan oleh 3 orang pilot, dan bagi masyarakat yg ingin mencoba terbang bersama para motor, paniia juga senga menyiapkan pilot tamdem. Panitia juga menampilkan atraksi wind Surfing yang akan memeriahkan pembukaan SMF 2016.

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, kegiatan ini dalam rangka untuk memperkenalkan potensi kelautan dan keindahan Sabang pada dunia internasional dan juga memperkenalkan dermaga “Marina Lhok Weng” kepada komunitas pelayar dunia.

“Disamping juga untuk menambah angka kunjungan wisatawan mancanegara di Indonesia, menjadikan Sabang sebagai destinasi tujuan wisata yacht dalam rangka meningkatkan devisa negara serta membuka lapangan kerja pada masyarakat pencari kerja sektor pariwisata,” jelas Fauzi. (*) (uri/nton/ariana/AM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id