Pemkab Pijay Cairkan Dana Desa Rp 97 M | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pemkab Pijay Cairkan Dana Desa Rp 97 M

Foto Pemkab Pijay Cairkan Dana Desa Rp 97 M

MEUREUDU – Pemkab Pidie Jaya (Pijay) melalui Dinas Pengelolaan Keuangan, Kekayaan, dan Aset Daerah (DPKKAD) setempat sejak Jumat (22/4) mencairkan dana desa sebesar Rp 97.093.489.800. Dana tersebut disalurkan untuk 222 gampong di delapan kecamatan.

Kepala DPKKAD Pijay, Drs M Diwarsyah kepada Serambi, Jumat (22/4) mengatakan, dana gampong tahap pertama 2016 itu bersumber dari APBN. “Dana desa yang bersumber dari APBK Pijay Rp 18 miliar juga dicairkan mulai hari ini,” ujarnya.

Dengan total dana yang ada, sebut Diwarsyah, setiap gampong diperkirakan mendapat Rp 430.000.000. Seiring cairnya dana desa, ia meminta aparat gampong segera melengkapi laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBG 2015 dan dana gampong dari APBN 2015, serta fotokopi rekening koran.

Hingga kini, sebut Diwarsyah, baru 29 gampong dari dua kecamatan yang memenuhi syarat untuk pencairan dana tersebut. Gampong itu berasal dari Kecamatan Bandar Dua 10 desa dan Meurah Dua 19 desa.

Sementara itu, 193 gampong lain dalam pekan depan terus melengkapi kelengkapan administrasi untuk pencairan dana tersebut. “Dengan dicairkan dana ini, Pijay termasuk salah satu daerah yang paling cepat merealisasikan dana desa tahun ini,” ujarnya.

Ditanya dana tahap kedua sebesar 40 persen, Diwarsyah mengatakan, setelah realisasi tahap pertama mencapai 90 persen, baru disalurkan dana tahap kedua. “Jadi, keuchik yang bisa cepat menuntaskan laporan termasuk surat pertanggungjawaban gampong (SPG), akan cepat pula menerima dana tahap dua,” demikian Diwarsyah.(c43) (uri/wi/ovi/ovianti/DNN)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id