Awas, Sembarang Buang Sampah! | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Awas, Sembarang Buang Sampah!

Foto Awas, Sembarang Buang Sampah!

* Bisa Didenda Rp 50 Juta

LANGSA – Wakil Wali Kota Langsa Drs H Marzuki Hamid MM mengatakan, Pemerintah Kota (Pemko) Langsa menerapkan denda Rp 50 juta atau kurungan (penjara) enam bulan terhadap warga yang membuang sampah sembarangan. Denda itu sesuai Qanun Nomor 3 tahun 2014 tentang persampahan.

Mulai saat ini, jika ada warga membuang sampah bukan pada tempatnya (sembarangan), maka akan dikenakan sanksi tegas, yakni sesuai Qanun Nomor 3 tentang persampahan. “Yakni, denda enam bulan penjara atau membayar denda Rp 50 juta,” kata Marzuki Hamid, saaat menggelar gotong royong dengan PNS dan warga di Gampong Blang Paseh, Langsa Kota.

Wakil Wali Kota menambahkan, dirinya meminta masyarakat Kota Langsa agar tertib terhadap sampah. Artinya, jangan membuang sampah di saluran air, jalan, sungai, dan tempat umum lainnya. Jika masih tetap dilakukan, maka sanksi tegas akan mengganjar pelaku pembuang sampah sembarangan tersebut.

Qanun Nomor 3 tentang persampahan ini, katanya, diterapkan tentunya bertujuan untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat menjaga lingkungan sekitarnya agar tetap bersih, dan warga tertib membuang sampah pada tempat-tempat yang disediakan.

“Apabila ada yang mengetahui warga membuang sampah sembarangan di tempat umum, segera ditangkap dan dibawa ke Kantor Dinas Kebersihan. Kita akan memberikan hadiah sepantasnya bagi warga yang telah menangkap pelaku pembuang sampah sembarangan ini,” sebut Wakil Wali Kota.

Marzuki Hamid menjelaskan, menjaga kebersihan harus dipahami bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, tapi juga tanggung jawab semua masyarakat. Kepada geuchik maupun tokoh masyarakat diharapkan memberikan sosialisasi kepada warga agar tidak membuang sampah sembarangan.

“Kita tidak serta merta langsung menyalahkan masyarakat, terutama jika sosialisasi atau imbauan untuk tidak membuang sampah bukan pada tempatnya tidak disampaikan kepada mereka. Oleh karenanya, sosialisasi dan imbauan agar tertib membuang sampah pada tempatnya, terus dilakukan,” imbuhnya.(zb) (uri/inaldy/eryance/RG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id