Ditpolair Tangkap 28 Ton Solar dari KM Satria Baro | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Ditpolair Tangkap 28 Ton Solar dari KM Satria Baro

Foto Ditpolair Tangkap 28 Ton Solar dari KM Satria Baro

BANDA ACEH – Personel Direktorat Kepolisian Perairan (Ditpolair) Polda Aceh, menangkap sebanyak 140 drum atau setara 28 ton bahan bakar minyak (BBM) jenis solar yang diduga ilegal dari Kapal KM Satria Baro, Rabu (20/4) dini hari sekitar pukul 03.00 WIB.

Bersama dengan penangkapan 28 ton solar yang akan diangkut ke Pulo Aceh, Aceh Besar itu, petugas juga mengamankan Acong, pemilik KM Satria Baro, nakhoda kapal bernama Saiful Y serta dua anak buah kapal (ABK).

Dirpolair Polda Aceh, Kombes Pol Bambang Irianto, kepada wartawan, Kamis (21/4) siang, mengatakan penangkapan Kapal KM Satria Baro yang membawa 140 drum solar yang setara 28 ton tersebut ikut melibatkan personel Satpolair Polres Sabang. “Begitu kami mendapatkan informasi ada kapal yang melakukan pengangkutan BBM, personel Ditpolair Polda Aceh dan Satpolair Polres Sabang langsung bergerak ke lokasi,” kata Kombes Bambang.

Ternyata informasi itu benar, kata Dirpolair Polda Aceh ini. Kapal KM Satria Baro itu dihentikan beberapa saat mendekati Pulo Beras dan Pulo Aceh. Dalam pemeriksaannya, pemilik kapal maupun nakhoda tidak mampu menunjukkan dokumen apapun tentang muatan 140 drum solar yang mereka angkut.

Muatan solar sebanyak 28 ton yang diangkut kapal KM Satria Baro ini menurut Kombes Bambang, dishipping yaitu dipindahkan atau dengan istilah kencing dari kapal lain ke kapal KM Satria Baro dilakukan di tengah laut.

“Sejauh ini kami masih melakukan penyidikan, dari siapa sebenarnya solar 28 ton ini diambil serta kapal yang men-shipping ke KM Satria Baro ini. Lalu, kami juga masih menyelidiki apa solar-solar ini memang diperuntukkan ke Pulo Aceh atau ada rencana dibawa ke tempat lain,” sebut Dirpolair.(mir) (uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id