PPS Lampulo belum Ada Air Bersih | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

PPS Lampulo belum Ada Air Bersih

Foto PPS Lampulo belum Ada Air Bersih

BANDA ACEH – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Daroy, Banda Aceh, hingga kini belum mampu memenuhi kebutuhan air bersih untuk Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Lampulo baru maupun lama. Karena itu, Perusahaan Cold Storage (ruang pendingin ikan) dan boat-boat nelayan harus harus membeli air bersih dari luar pelabuhan.

Menajer Lapangan PT Aceh Alam Jaya Bahari, Lampulo, Abubakar, kepada Serambi, Kamis (21/4), mengatakan padahal dulu sudah ada pernyataan kesiapan untuk membaangun jaringan khusus air bersih untuk menyuplai air tawar untuk pembersihan ikan dan bahan baku untuk es batang.

Menurut Abubakar, dulu saat mereka akan membangun cold storage, kesiapan itu disampaikan pihak Dinas Kelauatan dan Perikanan Aceh, Badan Investasi dan Promosi Aceh, Wali Kota Banda Aceh, Dinas PU, dan pihak PDAM Tirta Daroy. “Suplai air bersih ke lokasi pembangunan pabrik es dan cold storage dijanjikan akan dibangun sebelum peresmian PPS Lampulo, 13 Desember 2015, tapi nyatanya janji itu belum direalisasikan hingga kini,” kata Abubakar.

Abubakar menyebutkan untuk pembersihan ikan yang hendak disimpan di ruang pendingin, pihaknya harus membeli 2-3 tangki mobil berkapasitas 5.000 liter/tangki yang harganya Rp 175.000. Dia mengaku khawatir, ketika pabrik es selesai dibangun, kegiatannya tak bisa berjalan lancar karena suplai air bersih dari PDAM Tirta Daroy belum juga ada.

Sedangkan jika dia harus membeli air untuk pembuatan es, kata Abubakar, maka otomatis harga es untuk nelayan juga bakal dijual mahal. Keluhan sama juga disampaikan para pemilik boat ikan di PPS Lampulo lama dan baru. Untuk pemenuhan kebutuhan air tawar bersih boat ikannya, mereka harus membeli air bersih dari luar Rp 50.000 – Rp 100.000 untuk satu kali melaut.

Kepala UPTD PPS Lampulo, Aliman, mengatakan usulan untuk pembangunan itu sudah berulangkali diusul ke Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh, Walikota Banda Aceh maupun PDAM Tirta Daroy.

Dikonfermasi terpisah, Dirut PDAM Tirta Daroy, Banda Aceh, T Novizal Aiyub atau lebih dikenal Ampon Yub mengatakan untuk penyediaan air bersih ke kompleks PPS Lampulo Baru, harus dibangun jalur khusus dan tidak boleh mengambil jalur pipa air minum untuk masyarakat karena kebutuhan PPS Lampulo cukup besar.

Menurut Ampon Yub, program pembangunan jalur khusus itu sudah dibuat dan proposalnya sudah diserahkan ke Dinas PU Banda Aceh sejak PPS itu belum diresmikan, tetapi sampai di mana sudah disikapi, Ampon Yub mengaku belum mendapat laporan.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRA, Sulaiman Abda, mengatakan sepertinya Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah, perlu turun tangan untuk mengawal dan mengimplementasikan program itu. (her) (uri/gie/iyadie/OR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id