Persiraja-PSBL Huni Grup I | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Persiraja-PSBL Huni Grup I

Foto Persiraja-PSBL Huni Grup I

* Kompetisi TSC Serie B

BANDA ACEH – PT Gelora Trisula Semesta (GTS) selaku operator kompetisi telah menentukan pembagian grup untuk Torabika Soccer Championship (TSC) Serie B (Divisi Utama). Hasilnya, dari 53 peserta dibagi menjadi delapan grup dengan masing-masing bakal dihuni oleh enam sampai tujuh tim. Dua tim asal Aceh, Persiraja Banda Aceh dan PSBL Langsa dipastikan menghuni Grup I dalam kompetisi yang dijadwalkan bergulir mulai 30 April mendatang itu.

Untuk diketahui, PT GTS telah menggelar manager meeting bersama klub peserta dari Divisi Utama di Jakarta, Senin (19/4) malam. Seperti dilansir situs detik.com, pertemuan itu dihadiri langsung Direktur Utama PT GTS, Joko Driyono dan Direktur Kompetisi dan Regulasi, Ratu Tisha Destria.

Joko mengatakan, untuk babak penyisihan grup nantinya akan menggunakan sistem home and away. Namun, khusus untuk grup delapan akan menggunakan home tournament. Faktor geografis menjadi alasan utamanya. “Jadwal kick-off pada 30 April, selesai pada akhir November. Untuk babak 16 besar akan digelar pertengahan September,” ujar Joko kepada wartawan.

ISC B bakal diikuti 53 klub dari Divisi Utama (DU). Enam klub yang sudah menyatakan diri untuk tidak ikut serta ialah Pro Duta FC, Persih Tembilahan, Persipon Pontianak, Persiwa Wamena, PSBS Biak, dan Persifa Fak Fak. Sedangkan, Persiraja musim ini di bawah asuhan Pelatih Akhyar Ilyas, Asisten Pelatih Wahyu AW, serta Pelatih Kiper Purwanto. Begitu juga dengan PSBL Langsa sudah mempersiapkan diri di bawah asuhan Pelatih Jessie Mustamu yang dibantu Asisten Pelatih Amran, Munir, plus Pelatih Kiper Zainal.

Pelatih Persiraja, Akhyar Ilyas kepada Serambi, kemarin, mengatakan, tim berjuluk Laskar Rencong itu sudah siap menghadapi ISC B. Meski persiapan terlambat dibandingkan tim lain, tapi pemain terus ditempa jelang kompetisi. Hingga kini materi latihan sudah masuk taktical melalui berbagai uji coba terencana. Uji coba itu merupakan bagian dari evaluasi tim setelah menjalani latihan selama ini. “Kita terus persiapkan tim dengan memanfaatkan waktu yang tersisa ini,” ujarnya.

Terkait pembagian grup, Akhyar mengatakan, semua lawan berat bagi Persiraja di Grup I. Kekuatan semua tim perlu diwaspadai mengingat mereka sudah lebih dahulu mempersiapkan diri. Menurutnya, Persiraja dan PSBL Langsa termasuk yang terlambat membentuk tim untuk menghadapi ISC B. Karena tim lain lebih dulu menyeleksi pemain dan melakoni partai uji coba. Bahkan PSMS Medan sudah berpartisipasi dalam Piala Kemerdekaan yang digelar Tim Transisi. “Kita mayoritas musim ini memakai pemain muda dari 24 pemain dan diharapkan punya semangat tinggi membela Persiraja,” ujarnya.

Tim sepakbola dari Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Aceh siap melawan Persiraja dalam pertandingan uji coba di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh, Jumat (22/4) petang.

Asisten Pelatih Persiraja, Wahyu AW mengatakan, ini merupakan uji coba kedua dengan tujuan mengevaluasi tim. Diharapkan, uji coba ini berguna untuk memupuk kekompakan dan kerjasama tim sekaligus menambah ketajaman lini depan. “Jelang kompetisi memang perlu berbagai uji coba untuk memudahkan evaluasi tim,” ulasnya.

Dalam uji coba melawan JEC Jeulingke, Persiraja sukses menang 3-1 di Stadion H Dimurthala, Lampineung, Kamis (21/4). Persiraja sempat unggul melalui Zoelfadli dan dibalas Lutfi Fhirah untuk mengubah skor menjadi 1-1 hingga jeda. Tapi, pemain Persiraja bangkit di babak kedua dengan menambah dua gol melalui Vivi Asrizal dan Ade Fernanda. Skor 3-1 bertahan hingga laga usai.(adi) (uri/evo/stuti/RA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id