Bupati Ancam Berhentikan Keuchik | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Bupati Ancam Berhentikan Keuchik

Foto Bupati Ancam Berhentikan Keuchik

* Jika Terbukti Dukung Kandidat Cagub/Cabup

IDI – Bupati Aceh Timur, H Hasballah HM Thaib meminta aparatur gampong bersikap netral dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2017 mendatang. Ia mengatakan, akan memberhentikan setiap keuchik yang terbukti mendukung salah satu kandidat gubernur ataupun bupati.

“Jika ada aparatur gampong yang mendukung salah satu kandidat, dan terbukti mengajak masyarakat untuk memilih salah satu pasangan cabup/cawabup dan cagub/cawagub, maka kami akan mengambil sikap tegas sesuai mekanisme dan aturan perundang-undangan,” katanya, saat peresmian lapangan bola kaki di Gampong Pelita Sagop Jaya, Kecamatan Indra Makmu, Rabu (20/4).

Karena menurutnya, sesuai dengan undang-undang yang telah ditetapkan, kepala desa (di Aceh disebut keuchik) dan seluruh perangkat gampong tidak dibenarkan terlibat politik praktis. Sehingga dalam Pilkada, keuchik dan jajarannya diharapkan tetap bekerja sesuai tugas dan fungsi sebagai aparatur gampong.

“Keuchik merupakan perpanjangan tangan dari camat. Begitu juga dengan camat adalah perpanjangan tangan pemerintah kabupaten. Oleh karenanya, setiap aparatur negara termasuk keuchik tidak dibenarkan mendukung salah satu kandidat,” jelasnya.

Bupati Aceh Timur ini juga meminta keuchik memanfaatkan Alokasi Dana Gampong (ADG) sesuai dengan rencana dan musyawarah di gampong. Ia juga meminta keuchik tidak tinggal diam saat fasilitas umum di gampongnya rusak, seperti jalan dan jembatan.

“Manfaatkan ADG untuk membangun gampong. Jika ada fasilitas umum yang tidak mampu dibangun dengan ADG, maka segera sampaikan ke camat untuk diusulkan ke kabupaten, agar dibangun dengan sumber dana lain, baik dengan APBK, APBA, DAK ataupun Otsus,” saran H Hasballah HM Thaib.(c49) (uri/omario/alah/RF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id