Warga Demo PN Meulaboh | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Warga Demo PN Meulaboh

Foto Warga Demo PN Meulaboh

* Tuntut Empat Terdakwa Dibebaskan

MEULABOH – Puluhan warga Gampong Cot Mee dan Cot Rambong, Kecamatan Tadu Raya, Kabupaten Nagan Raya, Kamis (21/4) berunjuk rasa di depan Kantor Pengadilan Negeri Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat di Jl Dr Sutomo, Gampong Suak Indrapuri. Dalam aksinya warga meminta majelis hakim membebaskan empat warga dalam kasus pembakaran barak milik PT Fajar Baizuri di Nagan Raya pada 2015 lalu.

Unjuk rasa berjalan di bawah pengawalan ketat petugas Polres Aceh Barat dibantu Polres Nagan Raya. Massa juga mengusung sejumlah atribut berisi tuntutan agar Pengadilan Negeri Meulaboh yang menyidangkan perkara tersebut membebaskan para terdakwa yakni Musilan, Asubki, Chaidir serta Julinaidi. “Mereka harus dibebaskan karena tidak bersalah seperti yang dituduhkan, karena mereka sama sekali tidak terlibat dalam kasus ini,” kata Sudiono, warga Cot Mee, Kecamatan Tadu Raya, Nagan Raya.

Dia menyebutkan para terdakwa sebelumnya pernah ditangkap polisi pada 2015 lalu dan sempat menjalani pemeriksaan. Namun ternyata tidak terbukti seperti yang dituduhkan sehingga dibebaskan. Namun anehnya, kata Sudiono, pada tahun 2016 mereka kembali ditangkap dengan tuduhan yang sama.

Menurut Sudiono kasus penangkapan sejumlah warga Cot Mee diduga kuat telah direkayasa. Sebab, warga yang ditangkap dan menjalani proses hukum sama sekali tidak berada di tempat kejadian karena saat itu warga sedang merayakan takbir malam Hari Raya Idul Fitri. “Kami minta mereka supaya dilepas, karena mereka memang tidak bersalah,” ujar Sudiono dibenarkan warga lainnya.

Kuasa hukum terdakwa dari LBH Banda Aceh Pos Meulaboh Chandra Darusman MH mengatakan empat terdakwa tidak terlibat sebagai pelaku seperti yang selama ini dituduhkan. “Bagaimana bisa menuduh seseorang sebagai pelaku, sedangkan mereka sendiri tidak terlibat dan tidak berada di lokasi saat pembakaran barak terjadi,” kata Chandra. Oleh karena itu, kata Chandra, pihaknya akan melakukan pembelaan di persidangan sekaligus mengungkap fakta yang sebenarnya.(edi) (uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id