Kopi Gayo Makin Diakui Dunia | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Kopi Gayo Makin Diakui Dunia

Foto Kopi Gayo Makin Diakui Dunia

* Seusai Pameran di Atlanta

TAKENGON – Kopi Arabika Gayo yang merupakan komoditi unggulan Dataran Tinggi Gayo terus mendapat pengakuan dunia, termasuk di negara adidaya, Amerika Serikat (AS). Perhelatan akbar bagi para produsen dan pengusaha kopi dalam memamerkan produk terbaiknya di expo kopi 2016 di Atlanta juga diikuti pengusaha kopi Gayo.

Perhelatan bagi pemain kopi itu dilaksanakan oleh Specialty Coffee Asosiation of America (SCAA) di Atlanta, dari 14 sampai 17 April 2016 lalu. “Pameran SCAA makin membuat kopi gayo dikenal luas konsumen, bukan hanya warga AS, tetapi juga seluruh negara peserta pameran,” kata Nasaruddin dalam siaran persnya yang diterima Serambi, Rabu (20/4).

Bupati Nasaruddin menjelaskan Amerika Serikat merupakan importir terbesar kopi Gayo, bahkan dari negeri ‘Paman Sam’ ini menyebar ke seluruh dunia. Dia menyatakan akan terus mendorong dan memfasilitasi para eksportir kopi Gayo untuk membuka pasar langsung ke negara-negara lain di luar AS, seperti Uni Eropa.

Dia mengungkapkan berdasarkan informasi yang dirilis harian Kompas edisi 19 April 2016, total transaksi kopi Indonesia hingga hari terakhir pada pameran SCAA mencapai 35 juta dolar AS atau setara dengan Rp 462 miliar. “Meski volume ekspor ke AS terbesar, tetapi secara bertahap juga dibuka ke kawasan lain, seperti Eropa yang mulai meningkat,” sebutnya.

Sementara itu, beberapa eksportir Kopi Gayo yang turut menghadiri pameran kopi tahunan di AS yakni Birman Nainggolan dari KSU Rahmad Kinara, Rizwan Husen dari Koperasi Baburrayyan, Rahman dari Kopepi Ketiara, Lusiana dari PT Ketiara.

Selanjutnya, H Irham Yunus dari PT IKA-KKGO, Arasi Seberani dari KSO Ari Nagata, Muhammad Nasir dari Gayo Megah Berseri, M Bakad dari Koptan Tunas Indah, Ketua Aeki Aceh, Armya, KSO Permata Gayo, M Toha, Gayo Mountain Coffee dan Jumhur Ketua Fairtrade Indonesia.

Seperti dilansir sebelumnya, Bupati Aceh Tengah, Ir H Nasaruddin MM menyambangi Kota Atlanta, Amerika Serikat untuk menghadiri pameran kopi dunia yang diselenggarakan oleh Specialty Coffee Association of America (SCAA).

Bupati Nasaruddin tidak datang sendiri, tetapi memboyong 12 eksportir kopi Arabika Gayo, seiring undangan dari SCAA. Selama berada di ibukota Negara Bagian Georgia itu, para pengusaha yang dipimpin Bupati Nasaruddin mengikuti pameran, temu bisnis, termasuk menghadiri seminar dan cupping test kopi.

“Acara tahunan SCAA ini sangat strategis, karena dapat mempertemukan para eksportir kopi Gayo dengan para buyer (pembeli) dari seluruh dunia,” kata Nasaruddin dalam pers rilis ke Serambi, Sabtu (16/4). Dia menegaskan pameran ini harus diikuti, karena Amerika Serikat merupakan importir terbesar kopi arabika Gayo, bahkan mendistribusikan ke pasar seluruh dunia.

Arabika Gayo juga menjadi salah satu varietas kopi terbaik, seperti pengakuan anggota Specialty Coffee Association of Europe (SCAE). Mereka menyebut sebagai kopi terbaik dunia, mulai aroma sampai cita rasa yang luar biasa.

Tim asosiasi kopi dari Eropa dan Asia yang tergabung dalam SCAE, Selasa (17/11/2015) siang, sekira pukul 14.00 WIB, menjelajahi kebun kopi Arabika Gayo di Kecamatan Bies, Aceh Tengah. Tim SCAE yang berjumlah 19 orang dari 11 negara ini, melihat langsung perkebunan kopi arabika serta aktivitas para petani kopi.(my) (uri/gie/iyadie/OR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id