Jelang Hari Buruh, Pekerja Berdemo | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Jelang Hari Buruh, Pekerja Berdemo

  • Reporter:
  • Kamis, April 21, 2016
Foto Jelang Hari Buruh, Pekerja Berdemo

BANDA ACEH – Puluhan pekerja yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Aceh berdemo yang mereka sebut aksi damai di dua tempat di Banda Aceh, yaitu Bundaran Simpang Lima dan depan Kantor PLN Aceh, Rabu (20/4). Aksi ini dalam rangka menjelang hari buruh atau May Day pada 1 Mei 2016.

Amatan Serambi, puluhan demonstran mengusung sejumlah poster bertuliskan beberapa hal terkait nasib buruh di Aceh. Di bawah pengawalan ketat polisi, para demonstran melancarkan aksi mereka dengan cara orasi bergantian.

Koordinator Aksi, Habibi dalam orasinya mengatakan, aksi yang dilakukan itu merupakan komitmen mereka untuk terus memperjuangkan nasib para pekerja atau buruh di Aceh. Menurutnya, selama ini para pekerja di Aceh seperti guru, perawat, petani, nelayan, pekerja outsourcing, kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah.

“Nanti 1 Mei kita akan melakukan aksi yang lebih besar lagi, aksi hari ini dalam upaya menyambut peringatan hari buruh 1 Mei nanti. Kita komit untuk memperjuangkan kesejahteraan para pekerja di Aceh dan umumnya untuk Indonesia,” kata Habibi.

Kepada Gubernur Aceh para demonstran mendesak untuk menaikkan upah minimum provinsi Aceh minimal Rp 2.800.000. Hal ini tentunya diharapkan oleh semua pekerja di Aceh agar daya beli masyarakat lebih tinggi sehingga pertumbuhan ekonomi di Aceh semakin baik. “Itu yang kita harapkan kepada gubernur sekarang, gubernur yang akan terpilih pada Pilkada 2017 nanti juga begitu, siapapun terpilih harus mengedepankan hal ini,” ujarnya.

Selain itu, para demonstran juga meminta pemerintah meningkatkan pengawasan ketenagakerjaan. Pasalnya mereka menilai selama ini banyak sekali perusahaan di Aceh yang melanggar ketenagakerjaan terhadap pekerja. “Stop kriminalisasi terhadap gerakan buruh dan gerakan sosial lainnya, bebaskan 26 aktivis buruh, pengurus LBH, dan mahasiswa yang sedang proses praperadilan di Jakarta, ini juga kita kampanyekan hari ini,” kata Habibi.

Para demonstran juga mengajak semua kaum buruh atau pekerja di Aceh untuk memilih pemimpin yang senantiasi menjunjung tinggi nilai-nilai Islam dan memperhatikan kaum tertindas. Mereka juga mendukung penegakan syariat Islam di Aceh dalam membangun karakter pelaku usaha dan yang berkalhlakul karimah. (dan) (uri/hon//JK)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id