Aceh Kembali Raih Penghargaan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Aceh Kembali Raih Penghargaan

Foto Aceh Kembali Raih Penghargaan

JAKARTA – Pemerintah Aceh meraih penghargaan terbaik Nasional ketiga pencapaian tujuan pembangunan millenium Development Goals (MDGs) 2016. Penghargaan pertama dan kedua diraih Gorontalo dan Bali.

Aceh masuk kategori capaian terbaik karena berhasil menekan angka kemiskinan dan pengangguran serta konsen dalam bidang kesehatan serta pendidikan. Aceh juga berhasil mencapai target untuk kategori persentase penduduk miskin, perbaikan angka partisipasi sekolah (APS) pada usia SMP, proporsi rumah tangga dengan akses berkelanjutan terhadap sanitasi dasar, dan kontribusi perempuan dalam pekerjaan upahan di sektor nonpertanian.

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Dr Sofyan Jalil, kepada Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah, dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Jakarta, Rabu (20/4).

Gubernur Zaini mengatakan keberhasilan menggapai prestasi ini tidak terlepas dari peran seluruh komponen masyarakat, termasuk pihak swasta melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

“Penghargaan ini untuk rakyat Aceh. Ini merupakan kebanggaan bagi Aceh. Namun yang terpenting adalah upaya implementasi program dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” kata Zaini Abdullah.

Seperti diketahui, Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah sudah sering menerima penghargaan atas kepemimpinannya sebagai Gubernur Aceh. Bahkan, pada 26 November 2015, pernah menerima dua penghargaan sekaligus, yaitu Anugerah Kihajar Kategori Kebijakan Tingkat Utama di Jakarta dan penghargaan Bidang Lingkungan di Taman Hutan Raya Sultan Adam, Desa Mandiangin Timur, Kecamatan Karangintan, Kabupaten Banjar, Kalsel.

Ketika itu, penghargaan Kihajar atau bidang pendidikan itu diberikan karena Gubernur Zaini dinilai secara konsekuen peduli pendidikan, baik dalam Kategori Kebijakan dan Program maupun Kategori Program dan Implementasinya. Sedangkan penghargaan di bidang lingkungan karena Zaini dinilai aktif mempromosikan gerakan penghijauan melalui kampanye gerakan nasional penanaman pohon di Aceh.

Kemarin , Kepala Bappeda Aceh Zulkifli Hs, menjelaskan penghargaan MDGs dirumuskan oleh tim independen yang terdiri dari para pakar di masing-masing bidang. Penilaian dilakukan selama periode 2013-2015 dan berhasil memilih sejumlah provinsi terbaik dalam pencapaian sasaran tujuan pembangunan milenium, termasuk Aceh.

Pemberian penghargaan ini dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi pemerintah daerah dalam upaya pencapaian MDGs serta meningkatkan daya saing antar provinsi.

“Alhamdulillah, penghargaan ini menjadi motivasi bersama agar lebih semangat lagi dalam menggenjot berbagai program pembangunan yang prorakyat,” ujar Kepala Bappeda. (fik/sal) (uri/ilati/sra/MU)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id