330 Juta Penduduk India Terkena Dampak Kekeringan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

330 Juta Penduduk India Terkena Dampak Kekeringan

Foto 330 Juta Penduduk India Terkena Dampak Kekeringan

aceh.Uri.co.id — Tak kurang dari 330 juta orang, atau seperempat dari total penduduk, terkena dampak kekeringan di India, kata para pejabat pemerintah.

Pemerintah mengatakan angka warga yang terkena dampak kekeringan bisa lebih tinggi, karena beberapa negara bagian belum memasukkan data terbaru tentang kelangkaan air.

Dalam dokumen yang dimasukkan ke Mahkamah Agung, pemerintah India mengatakan mencairkan dana darurat untuk membantu kawasan-kawasan yang paling parah terkena dampak kekeringan.

Di negara bagian Maharashtra, yang mengalami kelangkaan air, pemerintah memasok air minum dengan menggunakan kereta api, sementara pertandingan cricket -cabang olahraga yang sangat populer di India- dilarang.

Beberapa bagian India mengalami musim kering tahunan, yang biasanya terjadi sebelum musim hujan, tapi kali ini kondisi diperparah dengan rendahnya persediaan air.

Suhu udara mencapai 40C dalam beberapa hari belakangan di banyak tempat, antara lain membuat anak perempuan berusia 11 tahun meninggal akibat gelombang panas saat berupaya mengambil air dari satu sumur pompa di Maharashtra.

Ia selama beberapa jam berada di luar ruang, di tengah suhu udara 42C, untuk mengambil air tersebut, pada hari Minggu (17/04/2016). (*) (uri/nton/ariana/AM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id